Masa PSBB, PT KAI Kurangi Operasi KA Jarak Jauh Jurusan Jakarta

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 10 Apr 2020 04:42 WIB
Kereta api
Ilustrasi kereta api (Rinto Heksantoro/detikTravel).
Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyesuaikan jam operasi kereta api (KA) jarak jauh jurusan Jakarta selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta. Hanya ada tujuh KA yang beroperasi selama sampai dengan tanggal 23 April 2020.

"Melalui penyesuaian tersebut, mulai tanggal 10 sampai dengan 23 April 2020 hanya terdapat 7 KA Jarak Jauh yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta dengan pengurangan waktu operasional. Hal ini seiring dengan kebijakan Pemerintah Provinsi DKI yang menerapkan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Penyesuaian juga dilakukan karena volume penumpang KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta menurun hingga sekitar 80 persen," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1, Eva Chairunisa, dalam keterangannya, Jumat (10/9/2020).

Adapun dari 7 KA Jarak Jauh yang masih beroperasi, 5 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir dengan tujuan akhir Bandung, Cirebon, Surabaya dan 2 KA lainnya keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dengan tujuan akhir Purwokerto dan Surabaya

Sementara untuk waktu keberangkatan dan kedatangan KA di area Daop 1 Jakarta juga hanya beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Pembatasan waktu operasional juga berlaku untuk layanan loket di Stasiun yang hanya dapat dilakukan hingga pukul 16.00 WIB.

"Calon penumpang KA yang telah memiliki tiket dan terdampak pada pengurangan perjalanan KA juga telah diinformasikan oleh layanan pelanggan, biaya tiket yang telah dibayarkan akan dikembalikan penuh oleh KAI," kata Eva.

KAI Perpanjang Masa Pengembalian Pembatalan Tiket Hingga 4 Juni:

Selanjutnya
Halaman
1 2