Baku Tembak dengan Aparat di Timika, 2 KKB Tewas-1 Ditangkap Hidup

Saiman - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 22:08 WIB
Situasi usai baku tembak aparat dengan KKB penyerang kantror pusat administrasi PT Freeport Indonesia
Situasi usai baku tembak aparat dengan KKB penyerang area pusat administrasi PT Freeport Indonesia. (dok. Istimewa)
Timika -

Baku tembak antara kelompok kriminal bersenjata (KKB) dengan aparat TNI-Polri terjadi di Timika Papua. Peristiwa itu terjadi di Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika.

"Dari hasil penegakan hukum yang kami lakukan tersebut, 2 KKB meninggal dunia," kata Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata kepada wartawan, Kamis (9/4/2020).

Baku tembak terjadi tepatnya di salah satu kamp di Jalan Trans Nabire, Kampung Jayanti, pukul 05.30 WIT. Kamp tersebut diketahui merupakan tempat persembunyian KKB, yang menyerang kantor Pusat Administrasi PT Freeport Indonesia di Kuala Kencana, Timika.

"Satu orang berinisial IS diamankan di TKP," ujar Era.

Namun Era menambahkan ada anggota KKB yang berhasil melarikan diri saat baku tembak. "Lainnya berhasil kabur," imbuh Era.

Dari hasil penyergapan kelompok KKB di Iwaka tersebut, polisi mengamankan beberapa barang bukti berupa 1 airsoft gun merek Glock, 1 senjata api rakitan, 162 butir peluru, 10 selongsong, dan 7 senapan angin. Polisi juga menemukan 20 telepon genggam, 2 handy talkie, dan 3 bendera bercorak bintang kejora.

Selain itu, senjata tajam berupa 3 busur panah, 90 anak panah, dan 11 parang disita polisi usai menggeledah kamp tersebut.

Sampai saat ini, aparat gabungan TNI-Polri masih melakukan pengejaran terhadap KKB. Untuk mencegah masuknya dukungan bahan makanan dan amunisi, kata Era, akan ada peningkatan patroli dan razia, terutama di daerah jalur perlintasan KKB.

(aud/aud)