Round-Up

Pemerintah-IDI Wanti-wanti OTG Bak 'Pembunuh Potensial' Ancam Kaum Renta

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 22:03 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono/detikcom
Jakarta -

Orang tanpa gejala (OTG) paling sulit diantisipasi dalam penyebaran virus Corona (COVID-19). OTG bagai pembunuh potensial yang mengancam, terutama, kaum renta. Waspadalah!

Peringatan terbaru ini disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Lerjen TNI Doni Monardo dalam keterangan tertulis, Kamis (9/4/2020).

Peringatan serupa pernah disampaikan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang mengingatkan pentingnya anak-anak muda membatasi diri dengan lebih sering berada di rumah untuk saat ini.

Berikut ini peringatan pemerintah dan IDI soal OTG bak 'pembunuh potensial' ancam kaum renta:

Ketua Gugus Tugas

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Lerjen TNI Doni Monardo menyebut OTG sangat mengancam setiap orang yang berada di dekatnya.

Hal itu disampaikan Doni saat memberikan arahan kepada perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) TNI yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 bertempat di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Selasa (7/4) malam.

"Salah satu penyebab cepatnya penularan COVID-19 yang paling susah diantisipasi adalah OTG. OTG merupakan orang yang sudah terinfeksi COVID-19 namun tidak menunjukkan gejala sakit. OTG ini bagaikan penyebar maut dan pembunuh potensial yang mengancam setiap orang yang kontak dengannya, terutama kelompok rentan. Oleh karena itu, harus dilakukan upaya guna menghentikan penyebaran penularan dengan selalu menjaga jarak aman antar orang dan cuci tangan dengan sabun secara disiplin," kata Doni dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/4/2020).

Doni mengatakan virus corona kini menjadi permasalahan di seluruh dunia. Solusi yang paling tepat adalah memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan isolasi mandiri.

Dia meminta masyarakat turut andil dalam kegiatan isolasi mandiri. Diharapkan isolasi mandiri juga memisahkan diri dari kelompok yang rentan (usia lanjut).

Doni juga berharap unsur TNI menjadikan kampanye nasional terkait OTG yang berpotensi membahayakan kaum rentan. Dia meminta seluruh gugus tugas bekerja optimal.

"Unsur TNI diharapkan dapat menjadi bagian kampanye nasional untuk mengingatkan masyarakat yang berpotensi sebagai OTG dan membahayakan kaum rentan, memutus mata rantai penularan dan melindungi rakyat agar tidak tertular," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3