Ma'ruf: Selain Usaha, Perlu Upaya Batiniah kepada Allah untuk Lawan Corona

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 21:48 WIB
KH Maruf Amin Blak-blakan bersama Detikcom
Wapres Ma'ruf Amin (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut, selain usaha yang dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona (COVID-19), seperti menjaga jarak, perlu ada upaya batiniah. Ma'ruf kemudian meminta masyarakat berdoa kepada Allah.

"Di samping usaha-usaha yang kita lakukan, pemerintah, masyarakat, sebagai orang yang beriman, kita juga harus ada upaya-upaya batiniah, selain lahiriah, memohon kepada Allah SWT," kata Ma'ruf saat doa bersama yang disiarkan melalui akun YouTube PBNU, Kamis (9/4/2020).

Ma'ruf mengatakan doa bersama dan pertobatan global secara daring yang digelar oleh PBNU adalah salah cara untuk meminta kepada Allah. Ma'ruf mengatakan Allah adalah tempat meminta dan memohon pertolongan.

"Melalui majelis ini, kita ingin senantiasa meminta kepada Allah, hanya kepada Allah kita menghamba dan kepada Allah kita meminta pertolongan," kata dia.

"Mohon pertolongan terhadap masalah dunia dan agama, menghilangkan berbagai bahaya, yaitu minta tolong kepada Allah SWT untuk menghilangkan segala marabahaya, segala wabah dan penyakit-penyakit yang ada yang kita alami saat ini," jelasnya.

Ma'ruf berharap upaya-upaya pencegahan yang dilakukan pemerintah dan masyarakat dapat menghambat penyebaran virus Corona di Indonesia. Dia berharap wabah segera berlalu.

"Dengan upaya-upaya lahiriah, batiniah oleh semua pihak saya yakin insyaallah apa yang kita inginkan kita pintakan Allah akan mengabulkannya. Mudah-mudahan acara malam ini, acara yang akan memberikan keberkahan, kemaslahatan bukan hanya kepada kita, bangsa Indonesia, tetapi juga seluruh negara di dunia sehingga wabah ini tidak terlalu lama lagi bisa hilang dan kita kembali seperti biasa," katanya.

(lir/aud)