Pandemi Corona, Kemdikbud Luncurkan Program 'Belajar dari Rumah'

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 20:04 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim
Mendikbud Nadiem Makarim (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program Belajar dari Rumah yang akan bekerja sama dengan salah satu stasiun televisi nasional. Program tersebut ditunjukkan sebagai upaya perluasan akses belajar kepada para peserta didik yang kesulitan dalam mendapatkan pembelajaran secara daring.

"Kemendikbud meluncurkan program 'Belajar dari Rumah' di TVRI. Program Belajar dari Rumah merupakan bentuk upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat COVID-19, khususnya membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan pada akses internet, baik karena tantangan ekonomi maupun letak geografis," ujar Mendikbud Nadiem Makarim dalam telekonferensi yang diselenggarakan Kemendikbud, Kamis (9/4/2020).

Nadiem mengatakan program tersebut merupakan respons cepat yang dilakukan Kemendikbud usai mengadakan rapat dan mendapatkan masukan dari Komisi X DPR RI pada akhir Maret lalu. Dia juga menyebutkan program Belajar dari Rumah sejalan dengan semangat Merdeka Belajar yang terus digalakkan oleh Kemendikbud.

Nadiem menjelaskan, dalam program tersebut, pihaknya berupaya semaksimal mungkin dalam memberikan konten pendidikan yang berkualitas dan bermakna, bukan hanya kepada para peserta didik, tapi juga kepada para orang tua murid. Dia juga mengatakan akan ada lembaga non-pemerintah yang akan melakukan pengawasan dan evaluasi terkait konten program tersebut.

"Konten atau materi pembelajaran yang disajikan akan fokus pada peningkatan literasi, numerasi, serta penumbuhan karakter peserta didik. Yang perlu dicatat bahwa sesungguhnya dalam keadaan seperti ini, hal yang menjadi penting adalah pemberian pendidikan yang bermakna," jelas Nadiem.

Selanjutnya
Halaman
1 2