Walkot Kendari Keluarkan Edaran Tetap di Rumah 3 Hari, yang Keluar Diamankan

Sitti Harlina - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 17:20 WIB
Poster
Foto ilustrasi wabah Corona. (Edi Wahyono/detikcom)
Kendari -

Wali Kota Kendari Sulkarnain mengeluarkan surat edaran meminta warga tetap di rumah selama tiga hari ke depan untuk memutus penyebaran virus Corona. Edaran itu berlaku mulai Jumat, 10 April, besok.

"Iya, tiga hari ke depan warga diimbau untuk di rumah saja, yakni tanggal 10, 11, dan 12 April," kata Sulkarnain saat dihubungi detikcom, Kamis (9/4/2020).

Sulkarnain memilih tiga hari tersebut karena tanggal 10 bertepatan dengan tanggal merah, sementara Sabtu dan Minggu dipastikan orang tidak berkantor, sehingga edaran tersebut akan efektif dilakukan warga.

Terkait kasus Corona di Kota Kendari, saat ini jumlah pasien terkonfirmasi positif sebanyak 8 orang, 1 dinyatakan sembuh dan boleh pulang. Penambahan konfirmasi positif diumumkan pada 8 April. Di Kota Kendari bertambah lagi 4 kasus baru, sedangkan kasus lama juga 4 kasus.

"Poinnya ini bagaimana untuk memutus mata rantai penyebaran COVID. Untuk mengoptimalkan betul-betul tidak ada interaksi jadi virusnya bisa mati sebelum menyebar. Data pasien kita bertambah yang awalnya 3 saat ini tambah lagi jadi 4 pasien yang baru ini bisa kita isolir dulu lingkungan penyebaran virusnya," jelasnya.

Dia menambahkan terminal juga akan ditutup selama tiga hari ke depan guna memaksimalkan edaran tersebut. Sementara pasar tradisional, rumah makan, dan pertokoan masih diizinkan untuk buka.

"Kita izinkan buka, tapi take away atau diantarkan. Bagi pedagang keliling yang sudah memiliki langganan, kita juga masih persilakan untuk mengantarkannya, setelah itu langsung pulang," imbuhnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2