Rayakan HUT Ke-74 dengan Sederhana, TNI AU Terapkan Physical Distancing

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 15:01 WIB
TNI AU
Foto: dok Twitter resmi TNI AU @_TNIAU
Jakarta -

TNI AU merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-74 di tengah pandemi virus Corona (COVID-19) dengan upacara yang sederhana. Terlihat para peserta yang hadir dalam perayaan menggunakan masker dan sarung tangan.

Upacara dilangsungkan di Markas Besar TNI AU Cilangkap, Jakarta Timur. Para peserta upacara juga terlihat melakukan physical distancing dengan berbaris saling menjaga jarak sesuai imbauan pemerintah.

"Kita ketahui bersama saat ini rakyat Indonesia sedang berjuang mengatasi pandemi COVID-19 yang menyebar di berbagai wilayah di Tanah Air. Denyut nadi pembangunan seakan berhenti, rakyat pun hidup dalam rasa cemas. Karenanya, upacara perayaan ulang tahun TNI AU diselenggarakan dengan cara yang paling sederhana," kata Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, dalam siaran langsung di YouTube TNI AU, Kamis (9/4/2020).

TNI AU merayakan hut ke-74 secara sederhana.TNI AU merayakan hut ke-74 secara sederhana. (Foto: Screenshot video)

Dalam HUT TNI AU ini, Yuyu mengajak para prajurit mengenang dan menghormati jasa para pendahulu mereka. Dia menyampaikan perjuangan besar di masa lalu yang dilakukan para pendahulu menjadi pemantik api semangat bagi TNI AU hingga saat ini.

"Kita banyak memiliki cerita besar dan perjuangan di masal lalu maka sudah sepantasnya kita mengenang dan menghormatinya pada hari ini. Mari kita haturkan rasa hormat dan terimakasih pada seluruh sesepuh pelopor dan pahlawan TNI AU, merekalah pemantik api semangat Swa Bhuwana Paksa hingga terus menyala abadi hingga kini," ujarnya.

"Maka dari itu, tema peringatan ke-74 hari ulang tahun TNI AU adalah kobarkan semangat Swa Bhuwana Paksa untuk membangun Indonesia maju dan TNI AU unggul," sambungnya.

Yuyu juga turut mengucapkan rasa duka yang mendalam untuk keluarga besar TNI AU serta seluruh masyarakat yang ikut terdampak COVID-19. Dia pun menyampaikan TNI AU akan terus berada di garis terdepan untuk membantu masyarakat.

"Sebagai pribadi dan atas nama besar Angkatan Udara, saya haturkan rasa duka mendalam kepada keluarga besar TNI angkatan udara juga seluruh rakyat Indonesia yang ikut terdampak atau menjadi korban pandemi COVID-19. Saya pun ingin meneguhkan TNI Angkatan Udara akan terus berjuang di garis depan dan mendarmabaktikan seluruh sumber daya untuk membantu rakyat," pungkasnya.

Simak video Jokwi Pastikan ASN, TNI, Polri, Pegawai BUMN Dilarang Mudik:

(zak/zak)