Cerita Kekaguman Glenn Fredly ke Gus Dur, Idola yang Tak Pernah Ditemuinya

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 14:08 WIB
kulineran glenn fredly
Foto: Glenn Fredly (Dok. istimewa)
Jakarta -

Negeri ini berduka atas kepergian penyanyi dan pencipta lagu Glenn Fredly. Namun siapa sangka, penyanyi bersuara merdu itu ternyata merupakan pengagum Presiden Keempat RI, K H Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Glenn mengagumi Gus Dur karena sosoknya sebagai seorang guru bangsa. Pria berdarah Ambon ini juga mengenal Gus Dur melalui buku-buku yang ia baca.

Cerita tersebut dia bagikan ketika tampil dalam acara Ziarah Budaya Sewindu Haul Gus Dur di Auditorium Driyarkara, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 5 Februari 2018.

"Saya mengenal Gus Dur hanya lewat buku dan bicara tentang Gus Dur, ya selain joke-nya, selain leluconnya, makanya tadi banyak stand-up comedy," ujar Glenn Fredly sebagaimana dilihat detikcom dalam video yang diunggah akun Youtube 7 Channel, Kamis (9/4/2020).

Namun di luar sosok Gus Dur yang humoris, Glenn mengenal Gus Dur sebagai sosok yang bisa dilihat dari berbagai macam spektrum (sudut pandang-red).

"Tapi yang jelas, bicara Gus Dur yang saya paham adalah bagaimana berbicara tentang guru bangsa. Dan, banyak angle, banyak spektrum, banyak layer yang bisa dilihat dari seorang Gus Dur," ungkap Glenn.


Glenn juga membagikan cerita kekagumannya terhadap Gus Dur itu dalam acara Mata Najwa, 25 Juni 2018. Glenn mengaku sempat menangis ketika Gus Dur wafat pada 30 Desember 2009.

"Gue nggak pernah kenal Gus Dur, ketemu langsung juga nggak pernah. Tapi waktu dia pass away (meninggal dunia) gue nangis sesenggukan. Nangis kayak anak kecil. Kayak kehilangan orang yang benar-benar...." kata Glenn kepada dr Tompi, sebagaimana dilihat detikcom pada video di akun Youtube Narasi TV.


Gus Dur di mata Glenn adalah guru yang mengajarkan arti tentang keberagaman. Gus Dur, lanjut Glenn, adalah pemimpin yang tak haus kekuasaan.

"Bukan hanya dia jadi gambaran sebagai orang yang berperilaku direct langsung artinya keberagaman, artinya seorang pemimpin, artinya seorang yang nggak haus kekuasaan," kenang Glenn saat itu.

Jokowi: Glenn Fredly Adalah Tokoh Muda yang Menginspirasi:


Selanjutnya
Halaman
1 2