Tamu Turun Drastis, 6 Hotel di Pekanbaru Tutup Imbas Pandemi Corona

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 13:23 WIB
Ilustrasi istilah-istilah terkait virus Corona, apakah semua paham? (Danu Damarjati/detikcom)
Ilustrasi Virus Corona (Danu Damarjati/detikcom)
Pekanbaru -

Penyebaran virus Corona membuat jumlah tamu hotel di Pekanbaru turun drastis. Akibatnya, ada enam hotel yang tutup sementara karena pendapatan berkurang.

"Kita menerima laporan dari PHRI (Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia) Riau, ada enam hotel dan satu restoran dan pusat konvensi tutup di Pekanbaru. Ini imbas dari wabah COVID-19 yang terjadi saat ini," kata Kepala Dinas Pariwisata Riau Yoserizal Zein kepada wartawan, Kamis (9/4/2020).

Yoserizal memprediksi jumlah hotel yang tutup bisa bertambah. Dia mengatakan penurunan jumlah tamu hotel terjadi karena pembatasan aktivitas demi mencegah penyebaran virus corona.

"Ini yang kita terima dari organisasi PHRI. Kondisi ini memang tidak terelakkan lagi sejak minimnya hunian hotel selama status tanggap darurat COVID-19," kata Yoserizal.

Ketua PHRI Riau Nofrizal mengatakan okupansi kamar hotel di Riau saat ini berada di bawah 10 persen. Dia mengatakan pengelola hotel kesulitan membayar biaya operasional.

"Okupansi hotel saat ini sangat rendah sekali, di bawah 10 persen. Kondisi ini tidak memungkinkan untuk menanggulangi biaya operasional dan menggaji karyawan tidak memungkinkan lagi," kata Nofrizal.

Dia mengatakan penutupan dilakukan sementara. Hotel yang tutup itu berstatus non-bintang hingga bintang tiga.

"Pengunjung memang benar-benar sepi selama pandemi ini. Kita harapkan adanya kebijakan pemerintah adanya keringanan pajak," kata Nofrizal.

Penutupan sementara hotel-hotel tersebut berdampak pada 300 karyawan yang dirumahkan. Dia mengaku tak bisa memprediksi hingga kapan penutupan berlangsung.

"Seluruh anggota PHRI sudah menjalankan protokoler yang ditetapkan pemerintah. Namun kondisi saat ini tingkat huniannya sangat rendah sekali," tutup Nofrizal.

Pariwisata Bali Terpukul karena Corona:

(cha/haf)