Jadi Duta Corona, Peserta Lulus SNMPTN Sosialisasikan Materi Lewat Medsos

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 05:21 WIB
Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam BEM se-Indonesia menggelar aksi demo. Aksi itu merupakan ungkapan kekecewaan mahasiswa terkait kinerja Jokowi-JK.
Ilustrasi (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) meminta para peserta yang lulus SNMPTN menjadi duta pencegahan virus Corona (COVID-19). Para calon mahasiswa itu diimbau turut sosialisasikan materi terkait virus Corona lewat media sosial masing-masing.

"Melalui medsos dan media-media sosial yang lain mau Twitter, Facebook, Instagram, disampaikan pada masyarakat pada teman-temannya untuk bersama-sama menanggulangi COVID," ujar Ketua LTMPT Mohammad Nasih ketika dihubungi detikcom, Rabu (8/4/2020).

Nasih mengatakan berbagai macam materi telah dipersiapkan pihaknya untuk peserta yang lulus SNMPTN. Para peserta dapat menggunakan cara masing-masing dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat.

"Jadi misalnya mensosialisasikan bagaimana harus menjaga jarak, nggak usah keluar rumah, pakai masker, cuci tangan ya," tuturnya.

Nasih meminta setiap calon mahasiswa bersedia menjadi duta COVID-19. Menurutnya, hal ini dapat menjadi salah satu bentuk ungkapan syukur bagi calon mahasiswa yang telah lulus seleksi SNMPTN 2020.

"Sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas penerimaan atau lulusnya Saudara dari jalur seleksinya SNMPTN ini, tentu kami sangat berharap dan mohon para peserta yang dinyatakan lulus seleksi SNMPTN untuk bersedia menjadi duta pencegahan COVID-19," ujar Nasih.

Diketahui, total ada 96.496 siswa yang lulus SNMPTN 2020. Perbandingan siswa yang mendaftar dengan siswa yang diterima ada 94,82 persen. Dari 96.496 siswa yang diterima, sebanyak 25.398 siswa merupakan pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah).

(isa/zap)