Anies Kenang Sosok Glenn Fredly: Selalu Berorientasi pada Aksi

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 03:38 WIB
Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Arief/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbela sungkawa atas wafatnya penyanyi Glenn Fredly. Anies mengenang perbincangannya dengan Glenn yang selalu terkait dengan masyarakat.

Hal itu diungkapkan Anies melalui akun instagram pribadinya. Anies mengunggah foto bersama Glenn yang tampak terlihat dekat.

"Kejernihan suara itu mengalir dari hati yang indah. Dari hati itu pula gerak kepedulian memancar. Jadilah ia musisi yang aktivis. ⁣Ia memilih repot, memilih terjun langsung: memilih rute tak biasa. Itulah yang membuatnya jadi penjuru, jadi rujukan. Itulah Glenn!," tulis Anies dalam caption foto tersebut yang dilihat detikcom, Kamis (9/3/2020).

"Setiap ngobrol selalu ia bicara tentang masyarakat, tak pernah ngobrol kosong. Selalu berorientasi aksi. ⁣Telah dicukupkan usianya, tapi karyanya, kepeduliannya, semangatnya dan suaranya akan selalu bersama Indonesia... bersama kita semua...Selamat jalan Glenn...⁣," sambung Anies.

Tidak hanya Anies, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) juga mengucapkan bela sungkawa atas kepergian Glenn melalui instagram pribadinya. RK berharap pesan kemanusiaan yang selalu disampaikan Glenn dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat.

"Di tengah suasana saat ini yang begitu sulit bagi kita semua, kita turut berduka cita atas berpulangnya musisi kebanggaan tanah air, Glenn Fredly. Karya musiknya, pesan-pesan kemanusiaannya juga semangat persatuannya akan selalu menjadi inspirasi bagi kita, yang saat ini masih diberi Tuhan kesempatan untuk memperbaiki diri dan kesempatan untuk lebih memuliakan sesama. You are gone too soon.Selamat Jalan dalam damai Glenn Fredly. Doa terbaik dari kami semua," tulis RK.

Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu, 8 April 2020 pukul 18.47 WIB. Pihak keluarga menjelaskan bahwa sebelum meninggal, Glenn memang sempat menjalani rawat inap di salah satu rumah sakit di Cilandak, Jakarta Selatan.

Untuk diketahui, selain menjadi penyanyi, Glenn Fredly juga merupakan sosok yang sering vokal di dunia sosial dan politik. Glenn juga diketahui bersama sejumlah organisasi seperti Kontras, Walhi dan sejumlah organisasi lain mengkampanyekan budaya Voice From The East (VOTE) yang menyuarakan isu-isu sosial, perdamaian hingga lingkugan di Indonesia Timur.

Pelantun lagu Januari ini juga tidak segan menyampaikan pendapatnya terkait isu-isu politik. Seperti yang disampaikan pada cuitannya di 29 November 2019, Glenn menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo lewat cuitannya untuk tidak memperpanjang izin operasional organisasi yang memiliki track record radikal dan intoleran.

"Pak Jokowi, organisasi yang punya track record radikal dan intoleran seharusnya tidak diberi ruang apalagi diperpanjang ijin, depresi sosial akibat polarisasi jangan dijadikan catur politik praktis terus pak... Kepercayaan tetaplah kepercayaan, jangan dinegosiasikan" cuitnya kala itu.

(eva/eva)