Polda Metro Siap Kawal Bantuan Sosial Pemerintah ke Masyarakat

Farih Maulana Sidik - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 23:15 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana (Isal Mawardi/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah berencana memberikan bantuan sosial (bansos) kepada warga DKI Jakarta di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Polda Metro Jaya memastikan pihaknya siap mengawal pendistribusian bansos itu dengan tetap mematuhi aturan physical distancing atau menjaga jarak fisik.

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengatakan kepolisian sudah berkoordinasi dengan TNI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hal pelaksanaan pembagian bansos itu. Menurutnya, dalam pelaksanaan pembagian bantuan itu masyarakat bagaimanapun tidak boleh berkerumun.

"Teknis yang akan kita lakukan adalah kita memberikan bantuan itu sampai ke tingkat bawah, artinya memang masyarakat yang membutuhkan. Akan kita lakukan door to door, kita dalam hal ini dari Pemda, TNI, Polri akan berikan langsung ke rumah-rumah," ujar Nana kepada wartawan, Rabu (8/4/2020).

Dia menyebut, jika nanti dalam pelaksanaan di lapangan tidak memungkinkan untuk diberikan langsung ke rumah masing-masing, polisi akan tetap mengatur dan mengimbau warga tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

"Kalau nanti pun pada saatnya ada kerumunan tetap kita upayakan akan menjaga jarak, kalau seandainya ada kerumunan, kita imbau. Tetap harus menjaga jarak sesuai dengan protokol kesehatan," katanya.


Seperti diketahui, Presiden Joko Widodoo (Jokowi) akan memberikan bantuan sosial (bansos) kepada 3,6 juta warga DKI Jakarta supaya tidak pulang kampung atau mudik. Bantuan ini diberikan agar warga bisa bertahan di tengah wabah virus Corona seperti sekarang.

Menanggapi itu, Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan bantuan sosial (bansos) untuk 3,6 juta warga DKI Jakarta ditargetkan cair dua minggu lagi.

Juliari mengatakan pihaknya akan membahas besaran dan mekanisme pencairannya bersama Menteri Koordinator Perekonomian, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, hingga Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi.

"Bapak presiden juga tadi meminta kepada kami dalam dua Minggu bisa merealisasikan bantuan di DKI," kata Batubara usai ratas mengenai persiapan menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H/2020 secara virtual, Jakarta, Kamis (2/4).

Pemberian bansos, dikatakan Juliari, bertujuan agar para penduduk di Ibu Kota negara tidak pulang kampung saat Lebaran tahun ini. Imbauan tersebut untuk memutus rantai penyebaran virus Corona ke daerah-daerah.

(fas/mea)