Polda Metro Jamin Keamanan DKI Selama Pembatasan Sosial Berskala Besar

Farih Maulana Sidik - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 23:00 WIB
Gedung Promoter Polda Metro Jaya yang pembangunannya menghabiskan dana sebesar Rp 498 miliar telah diresmikan, Jumat (19/1/2017). Peresmian dilakukan oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.
Gedung Promoter Polda Metro Jaya (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana menjamin keamanan DKI Jakarta pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta diterapkan. Irjen Nana akan memaksimalkan anggotanya di lapangan untuk menjaga keamanan wilayah Jakarta.

"Dalam jaminan keamanan yang merupakan tugas kami, perlu saya tekankan bahwa Polda Metro Jaya akan memaksimalkan, menjamin keamanan di wilayah hukum Polda Metro Jaya," ujar Irjen Nana dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Rabu (8/4/2020).

Nana mengatakan situasi kamtibmas di wilayah DKI Jakarta saat ini masih relatif kondusif. Menurutnya, kekhawatiran akan maraknya kejahatan pada masa PSBB sudah diantisipasi oleh pihak kepolisian.

"Kita semaksimal mungkin akan menjamin keamanan di DKI Jakarta. Dalam hal ini kami upaya preventif dan represif ini akan terus kita gelorakan," katanya.



Dia menyebut upaya-upaya mengimbau masyarakat agar tetap waspada menjaga secara mandiri juga terus dilakukan. Selain itu, lanjut dia, upaya preventif dengan melakukan patroli sudah disiapkan.

"Kita mengantisipasi situasi lengang begini bisa dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok tertentu. Kita sudah menyiapkan diri, dalam hal ini kita pun selalu siaga, kita perbanyak kegiatan anggota Polri di lapangan," katanya.

Ia menegaskan pihaknya akan menindak tegas pelaku yang coba-coba mengacaukan Ibu Kota selama PSBB diterapkan.

"Apabila tetap terjadi fungsi represif dalam hal ini fungsi Reskrim selalu siaga. Pada faktanya mampu mengungkap kasus itu. Kami terus berupaya menjamin keamanan di wilayah hukum Polda Metro Jaya," pungkasnya.

(fas/mea)