Kemkominfo Gelar Rapid Test Drive-thru untuk Pegawai dan Pekerja Media

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 22:06 WIB
Dinas Kesehatan Kota Depok menggelar pengecekan cepat COVID-19 via drive thru. Seperti apa? yuk lihat proses tesnya.
Foto Ilustrasi Rapid Test Drive Thru (Muhammad Adimaja/Antara Foto)
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggelar rapid test untuk pekerja media dan pegawai Kominfo. Rapid test digelar dengan cara drive-thru untuk menghindari kontak fisik antara pemeriksa dan yang diperiksa.

Menkominfo Johnny G Plate mengatakan tujuan pemeriksaan bagi pekerja media dan pegawai itu salah satu upaya awal untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19) di lingkungan pekerja media. Sebab, Johnny menilai pekerja media paling berisiko terkena virus Corona.

"Ini memang bukan untuk diagnosa COVID-19 secara langsung, melainkan untuk melihat respons antibodi yang ada dalam tubuh. Jadi hasil pengukuran akan menjadi deteksi awal untuk pemeriksaan lebih lanjut. Kita selenggarakan untuk pekerja media karena salah satu profesi yang paling berisiko adalah mereka," kata Johnny dalam keterangan pers yang diterima, Rabu (8/4/2020).

Menurut Johnny, inisiatifnya itu selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo agar kementerian gotong royong dalam penanganan Corona ini. Dia juga berharap dengan adanya tes cepat ini para jurnalis bisa bekerja dengan tenang dan tetap bisa menyampaikan informasi yang benar ke publik.

"Pak Jokowi menyatakan dalam situasi saat ini dibutuhkan gotong royong dan komunikasi yang baik. Nah, kami ingin memastikan kesehatan pekerja media agar tetap dapat menjalankan kerja jurnalistik dan tetap bisa menyampaikan informasi terkait COVID-19 kepada masyarakat," tutur Johnny.

Selanjutnya
Halaman
1 2