Mengenang Glenn Fredly: Tak Sebatas Musik, Vokal di Isu Sosial Politik

Herianto Batubara - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 22:04 WIB
Glenn Fredly
Glenn Fredly (Rifkianto Nugroho/detikHOT)
Jakarta -

Meninggalnya Glenn Fredly tidak hanya menyisakan duka bagi keluarga dan kerabat, namun dunia musik Tanah Air. Bagaimana Tidak? Glenn selama ini dikenal sebagai salah satu sosok yang aktif memperjuangkan kesejahteraan musisi.

Semasa hidup sosok bernama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo dikenal vokal menyuarakan kesejahteraan musisi. Namanya cukup diperhitungkan karena dia adalah salah satu musisi yang ikut diminta pertimbangannya dalam penyusunan naskah akademik dan draf RUU Permusikan.

Salah satu penggagas forum Kami Musik Indonesia (KAMI) ini ketika itu merasa kecewa karena menurutnya naskah akademik dan draf RUU yang dibuat Badan Keahlian Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melenceng dari hasil diskusi. Bukan ada pembenahan tata kelola yang menyejahterakan musisi, namun malah pembatasan kebebasan berekspresi.

"Itu value, soal kebebasan berekspresi karena musik itu tak bisa dibatasi. Yang penting itu tata kelolanya, bukan moralnya. Tata kelola industri dan aturan mainnya yang belum ada sampai saat ini di Indonesia," kata Glenn dalam sebuah wawancara seperti dikutip dari detikHOT, Rabu 30 Januari 2019 lalu.

Duka Glenn Fredly Meninggal DuniaDuka Glenn Fredly Meninggal Dunia (Foto: Instagram)

Glenn dan rekan-rekannya sesama musisi akhirnya bisa bernapas lega saat RUU Permusikan ditarik dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas) pada Senin 17 Juni 2019. Dia menganggap permasalahan sudah selesai. Meski begitu, Glenn berjanji akan terus memperjuangkan tata kelola industri musik Indonesia yang lebih baik.

Penyanyi asal Ambon ini pun tidak segan-segan 'menyentil' anggota DPR lewat cuitan-cuitannya. Salah satu yang sempat ramai dibahas adalah ketika dia terlibat 'perang' kata-kata dengan anggota DPR Fadli Zon. Dia saat itu membela penyanyi Agnes Mo yang dikritik Fadli Zon.

"Pernyataan pak @fadlizon buat @agnezmo, tidak akan saya tanggapi ke temen media, kenapa? karena tidak penting juga buat ditanggapi, sebagai wakil rakyat tidak melakukan sesuatu buat untuk kesejahteraan musisi Indonesia lewat kebijakan, itu jauh lebih malin kundang," cuit Glenn saat itu.

Glenn juga dikenal aktif mengkritik banyak hal, termasuk mengkritisi pemerintah. Salah satu yang pernah dia kritik adalah UU ITE. Glenn banyak mencuitkan keresahannya lewat akun Twitter-nya.

Glenn pernah mengomentari momen saat Dul Jaelani menangis memainkan keyboard dalam acara Konser Reuni Dewa 19 di Kuala Lumpur Malaysia. Dul menangis karena ayahnya, Ahmad Dhani, masih mendekam di penjara karena terjerat kasus UU ITE. Menurut Glenn, UU ITE layak dikaji lagi.

"Tapi bisa juga substansi tentang mengkaji kembali UU ITE ini, karena korbannya banyak. Artinya ya ini harus dijadikan kajian yang jangan dilihat cuma personal," ujarnya.

Baca di halaman selanjutnya...

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2