HNW Sampaikan Aspirasi WNI Korban Corona di LN ke Mensos dan Menlu

Yudistira Imandiar - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 17:47 WIB
Hidayat Nur Wahid (HNW)
Foto: MPR
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) menyampaikan aspirasi WNI korban COVID-19 di luar negeri kepada Menteri Luar Negeri (Menlu) dan Menteri Sosial (Mensos). Ia meminta kedua Kementerian tersebut dapat berkolaborasi untuk penuhi kewajiban negara terhadap WNI yang berada di Luar Negeri, khususnya kalangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan mahasiswa yang juga menjadi korban Covid-19 di negara-negara tempat mereka bekerja atau belajar.

"Saya sudah sampaikan aspirasi mereka (WNI di luar negeri) baik melalui surat maupun melalui forum rapat DPR dengan menteri, Alhamdulillah responsnya positif. Kedua Menteri Luar Negeri dan Menteri Sosial menjanjikan untuk memberikan perlindungan dan bantuan yang sesuai untuk WNI di LN," kata HNW di sela-sela rapat kerja virtual DPR RI dengan mitra di Jakarta (8/4/2020).

Hal itu dibahas saat rapat kerja bersama DPR RI, Selasa (7/4/2020). Sebelumnya, HNW sudah menyampaikan aspirasi para WNI, terutama mahasiswa dan pekerja migran di luar negeri kepada dua kementerian tersebut melalui surat resmi tanggal 27 Maret lalu.

HNW menjelaskan pemerintah melalui Kemenlu berjanji untuk mengoptimalkan komunikasi, pemantauan, pemetaan, perlindungan, dan pelayanan terhadap WNI di setiap negara terkait dengan penanganan COVID-19 baik melalui media offline maupun online. Sementara itu, Kemensos akan membangun sinergi dan sinkronisasi program perlindungan sosial dengan Kemenlu.

Hingga Rabu (8/4/2020), ada 286 WNI di luar negeri yang positif COVID-19. Pemerintah sudah membangun RS khusus di Pulau Galang di Batam, Kepulauan Riau untuk menampung WNI dari luar negeri yang positif COVID-19, termasuk TKI dari Malaysia dan Singapura.

(akn/ega)