Cegah Penyebaran Corona, Kemenhub Siapkan Aturan Pembatasan Transportasi

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 17:18 WIB
Gedung Kementrian Perhubungan RI
Ilustrasi Kemenhub (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mematangkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) mengenai pengendalian transportasi untuk mencegah COVID-19. Peraturan ini juga berlaku untuk daerah yang berstatus pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Permen (Peraturan Menteri) ini pada intinya akan mengatur pengendalian transportasi dalam rangka pencegahan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19), pengendalian kegiatan transportasi pada daerah yang ditetapkan sebagai pembatasan sosial berskala besar (PSBB), serta pedoman dan petunjuk teknis pengendalian mudik tahun 2020," kata juru bicara Kemenhub, Adita Irawati, dalam keterangannya, Rabu (8/4/2020).

Adita juga mengimbau masyarakat agar mematuhi persyaratan dan protokol yang ada dalam Permenhub tersebut. Menurutnya, dalam Permenhub itu, nantinya akan ada aturan atau semacam buku panduan yang berisikan petunjuk dan teknis mudik tahun 2020.

"Kami juga tengah memfinalisasi buku panduan atau petunjuk teknis mudik 2020 yang harus diperhatikan dan wajib diikuti oleh masyarakat yang akan melakukan perjalanan keluar dari suatu daerah, terutama yang telah ditetapkan sebagai PSBB maupun perjalanan mudik, mulai dari tempat asal, dalam perjalanan, hingga sampai tujuan," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2