PELNI Jelaskan soal Kapal Dilarang Sandar di NTT karena 3 Kru Positif Corona

Yulida Medistiara - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 13:02 WIB
Ratusan penumpang KM Lambelu protes kapal tidak boleh sandar di Maumere karena diduga ada 3 ABK positif Corona (Screenshot video viral)
Foto: Ratusan penumpang KM Lambelu protes kapal tidak boleh sandar di Maumere karena diduga ada 3 ABK positif Corona (Screenshot video viral)
Jakarta -

PT PELNI (Persero) angkat bicara mengenai adanya informasi pelarangan sandar pada salah satu kapal di Pelabuhan Maumere, Nusa Tenggara Timur karena 3 kru kapal positif virus Corona berdasarkan rapid test. Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI Yahya Kuncoro menyampaikan PELNI mematuhi seluruh proses dan protokol kesehatan yang berlaku di Maumere, sehingga kapal KM Lambelu berhasil sandar malam tadi dengan aman.

"Sebelumnya, saat kapal berlabuh, sesuai dengan arahan dan protokol pemerintah daerah setempat dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19, telah dilakukan pemeriksaan kesehatan (rapid test) terhadap 22 orang yang dipilih secara acak oleh petugas medis dari RSUD dr. T.C. Hillers Maumere. Pemeriksaan dilakukan di atas kapal," kata Yahya, dalam keterangannya, Rabu (8/4/2020).

Hal tersebut dilakukan sebagai syarat dari pemerintah daerah agar kapal dapat masuk dan sandar di pelabuhan. Sebagai informasi, KM Lambelu telah sandar di Pelabuhan Lorens Say Maumere pada Selasa (7/4) pukul 21.37 Wita.

KM Lambelu kembali diberangkatkan menuju Makassar pada tengah malam. Kapal kemudian akan melakukan portstay selama 14 hari di Makassar.

"Dengan ini kami menginformasikan kepada masyarakat, demi kenyamanan dan keamanan bersama untuk sementara waktu kami menghentikan operasional KM Lambelu," ucap Yahya.

Sementara itu, terkait adanya enam orang penumpang yang terjun dari atas kapal akibat dilarangnya kapal bersandar, Yahya menerangkan seluruhnya berhasil diselamatkan. Para penumpang itu saat ini dalam kondisi yang baik.

KM Lambelu merupakan salah satu kapal PELNI dengan tipe 2000 dan memiliki rute Makassar - ParePare - Balikpapan - Tarakan - Nunukan - Pantoloan - Balikpapan - ParePare - Makassar - Bau-bau - Maumere - Bau-bau - Makassar - ParePare - Balikpapan - Pantoloan - Tarakan - Nunukan - Balikpapan - ParePare - Makassar.

Video Penumpang KM Lambelu Terjun ke Laut, Panik Ada Suspect Corona:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2