Sekolah di Rumah, Siswa SMP Ini Punya Tips Belajar Asyik Lewat Game

Reyhan Diandra - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 11:03 WIB
Andrey Pramudy
Foto: Reyhan Diandri Ghivarianto
Jakarta -

Sekolah atau belajar di rumah merupakan salah satu kebijakan terkini yang diinstruksikan oleh Kemendikbud dalam menghadapi situasi penyebaran virus Corona (Covid-19). Mendikbud Nadiem Makarim mengungkapkan, bahwa pembelajaran dalam jaringan (daring) atau jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh pencapaian kurikulum.

Sementara itu, banyak siswa yang sudah merasakan kegiatan sekolah di rumah mereka semenjak diumumkannya kebijakan belajar di rumah. Contohnya seperti siswa SMP Avicenna Jagakarsa kelas 7 yang bernama Andrey Pramudya (12).

Andrey mengungkapkan bahwa ia sudah bersekolah sejak edaran yang ia terima dari gurunya pada tanggal 16 Maret lalu. "Aku sudah diliburkan sama guruku sejak ada edaran kemarin tanggal 16," ungkap Andrey, dalam keteranganya kepada detikcom, Senin (6/4/2020).

Menurut Andrey saat sekolah di rumah, ia masih harus mengikuti waktu pembelajaran yang diterapkan oleh sekolah. "Ada waktu belajar secara online-nya aku, dari jam 7.40 pagi sampai jam 2 siang mas. Kadang guruku juga video call sampai 40 menitan," jelas Andrey.

Ketika ditanya bagaimana cara mengatasi rasa bosan saat belajar, ia pun dengan semangat mengutarakan jika dengan bermain game bisa menghilangkan rasa bosannya.

"Kalau bosen nih setelah selesai waktunya sekolah online tadi, aku main game online bareng temen-temenku," ujar Andrey.

Andrey mengungkapkan tips untuk belajar sembari bermain game online adalah dengan mendiskusikan tugas yang diberikan sekolah di sela-sela permainannya.

"Kan aku main game Counter-Strike: Global Offensive itu, tiap ronde di dalamnya ada jeda. Nah, aku pake buat diskusikan tugas dengan temanku yang bareng-bareng main. Selain itu aku pakai voice chat sambil main game jadi lebih asyik buat ngobrolin tugas," ungkap Andrey.

Andrey pun mengatakan jika pembelajaran sambil bermain game yang ia lakukan cukup efektif bagi dirinya.

"Kalau aku bilang sih efektif, soalnya selain bikin seneng dan nggak ngebosenin tugas-tugasku juga selesai dengan cepat karena diskusi bareng temen," pungkas Andrey.

(mul/ega)