Pemprov Riau Siapkan Anggaran BLT untuk Warga Terdampak Corona

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 08:54 WIB
Sampah di kantor gubernur Riau
Kantor Gubernur Riau (Foto: Chaidir Anwar Tanjung/detikcom)
Pekanbaru -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan segera menyiapkan pagu anggaran untuk bantuan langsung tunai (BLT) bagi warga yang terdampak virus Corona. Anggaran disediakan untuk 3 bulan ke depan.

"Sesuai instruksi pemerintah pusat, kita akan melakukan kembali pergesaran anggaran APBD Riau untuk bantuan langsung tunai bagi warga tak mampu yang terdampak virus Corona ini," kata Sekda Pemprov Riau, Yan Prana Jaya, kepada detikcom, Rabu (8/4/2020).

Yan menjelaskan, sebelumnya pihaknya telah dua kali melakukan pergeseran anggaran, yaitu Rp 74 miliar di tahap pertama dan Rp 160 miliar di tahap kedua. Namun, dana tersebut awalnya khusus untuk penanganan penyebaran COVID-19 dan pembelian alat pelindung diri (APD).

"Anggaran yang telah kita siapkan itu di luar penanggulangan terdampaknya. Tapi lebih khusus dalam penyediaan APD," kata.

Saat ini, Pemprov Riau kembali melakukan pergesaran anggaran untuk bantuan bagi warga yang terdampak kebijakan penanganan COVID-19. Bantuan akan diberikan khususnya bagi keluarga tak mampu dan usaha kecil menengah yang turut terdampak imbas COVID-19.

"Bantuan ini kita persiapkan selama 3 bulan ke depan terhitung April, Mei, Juni. Anggaran yang kita siapkan antara Rp 200 miliar sampai Rp 400 miliar. Tapi tentunya ini tentatif, kalau wabah ini selesai di Mei, maka bantuannya hanya dua bulan," kata Yan Prana.

Masker Langkah, 'BH' pun Jadi Penggantinya:

Selanjutnya
Halaman
1 2