Gubernur Babel Ajak Masyarakat Berzakat untuk Bantu Korban Corona

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 04:27 WIB
Gubernur Provinsi Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan di Kabupaten Bangka, Rabu (15/8)
Erzaldi Rosman (Foto: CNN Indonesia/Galih Gumelar)
Bangka Belitung -

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengajak masyarakat untuk berzakat di tengah wabah virus Corona. Erzaldi menyebut hasil pengumpulan zakat akan digunakan untuk membantu warga terdampak COVID-19.

Ketua Dewan Masjid Bangka Belitung ini meminta masjid-masjid di Babel menjadi tempat pusat pengumpul zakat dari masyarakat. Erzaldi juga mengatakan masjid nantinya akan menjadi distribusi bantuan kepada masyarakat.

"Kita mendorong pengurus masjid, PKM masjid menyalurkan zakat karena mereka yang tahu masyarakat di sekitar itu. Zakat disalurkan terutama bagi usaha-usaha kecil dan menengah karena mereka patut dibantu," kata Erzaldi, dalam keterangan pers yang diterima wartawan, Selasa (7/4/2020).


Erzaldi mengatakan pengurus masjid nantinya yang akan memilih siapa saja yang berhak mendapatkan bantuan zakat sesuai dengan kaidah syariah. Dia juga menakankan bantuan dikhususkan kepada yang paling terdampak akibat COVID-19.

Selain zakat, Erzaldi juga mengajak masyarakat untuk saling bahu membahu menyalurkan infak dan sedekah. Dia juga menekankan agar pembagian zakat hingga sedekah nantinya tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada.

"Kegiatan pengumpulan dan pendistribusian zakat wajib memperhatikan protokol kesehatan. Seperti pembatasan jarak fisik dan menghindari pengumpulan massa atau keramaian," ujar Erzaldi.


Lebih lanjut, Erzaldi meminta masyarakat untuk berdoa dan bertafakur agar wabah Corona di Indonesia bisa cepat berlalu.

"Saya berharap masyarakat bersama-sama berdoa dan bertafakur agar penyebaran virus corona yang sedang melanda negeri ini segara mereda dan dihilangkan oleh Allah SWT," tutupnya.

(maa/maa)