Antisipasi Corona, Pemkot Samarinda Bangun Posko Pantau Kendaraan

Suriyatman - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 03:29 WIB
Ilustrasi istilah-istilah terkait virus Corona, apakah semua paham? (Danu Damarjati/detikcom)
Foto: Ilustrasi istilah-istilah terkait virus Corona, apakah semua paham? (Danu Damarjati/detikcom)
Samarinda -

Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda terus berupaya memutus rantai penyebaran virus Corona di Samarinda. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan membangun posko pantau arus kendaraan.

Sejauh ini Pemkot Samarinda melalui Gugus Tugas Penanganan COVID-19 sudah membangun 2 posko pantau arus. Kedua posko ini berfungsi untuk melakukan pendataan bagi para warga yang masuk ke Kota Samarinda.

"Jadi jika ada para pengendara berasal dari Balikpapan yang telah menjadi kota dengan transmisi lokal penularan covid-19, maka petugas akan mengarahkan kendaraan tersebut memasuki bilik untuk pendataan lebih lanjut," kata Kasat Lantas Polresta Samarinda Kompol Erick Budi Santoso kepada detikcom, di Posko pemantauan kendaraan di depan Kampus STAIN, Samarinda, Selasa (7/4) sore.


Dia menyebut posko tersebut berada dalam komando gugus tugas yang diketuai oleh kepala BPBD Kota Samarinda. Secara teknis lanjutnya, seluruh kendaraan yang menuju Samarinda hingga Kukar akan diperiksa.

"Tidak cuma tujuan Samarinda namun juga tujuan Sangatta, Bontang dan Kukar," ucapnya.

Erick juga menjelaskan semua pengemudi yang melewati posko akan ditanya riwayat perjalananya. Selain itu, mereka juga akan dicek suhu tubuhnya dan diminta mengisi kartu kuning sebagai data tim gugus penanganan COVID-19.


Sejauh ini, Pemerintah Kota Depok beserta Kepolisian Samarinda telah mendata sejumlah kelompok yang rentan terpapar di Samarinda. Eric menyampaikan tenaga medis, TNI dan Polri, hingga pengemudi ojek online sebagai pihak yang paling rentan.

"Menurut pemerintah ada lima profesi rentan, tenaga medis atau dokter, petugas TNI/Polri dilapangan, para pengemudi Ojol, pekerja harian seperti petugas kebersihan dan para officeboy," ujar Erick.

(maa/maa)