Hujan Sejak Siang Hari, 4 Kecamatan di Toraja Utara Banjir Hingga 50 Cm

Muhammad Riyas - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 02:26 WIB
ilustrasi banjir
Ilustrasi Banjir (Foto: Istockphoto/ VisualCommunications)
Toraja Utara -

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan mengatakan ada 4 kecamatan di wilayahnya yang terendam banjir. Dia menyebut banjir dengan variasi ketinggian 30 sampai 50 cm terjadi karena intensitasi hujan yang tinggi.

"Begitu menerima informasi saya langsung ke lokasi. Menurut laporan ada 4 kecamatan yang terdampak akibat meluapnya sungai Sa'dan yaitu Kecamatan Rantepao, Tallunglipu, Tikala dan Kesu'," kata Kalatiku, saat ditemui di lokasi, Selasa (7/4) malam.


Berdasarkan informasi, hujan lebat memang mengguyu wilayah Toraja Utara sepanjang siang hingga malam hari. Hujan yang terjadi cukup lama ini menyebabkan debit air di Sungai Sa'dan dan berapa sungai lainnya meluap.

Kalatiku menyebut banjir dengan ketinggian variasi antarai 30 hingga 50 cm merendam sejumlah kecamatan.

"Ketinggian air mencapai 30 sampai 50 centimeter bahkan lebih, ini disebabkan oleh intensitas hujan yang sangat tinggi yang terjadi dari siang sampai malam," ucap Kalatiku.


Hingga saat ini pihaknya masih terus menunggu laporan jumlah warga yang terdampak. Dia juga masih berkoordinasi dengan pihak terkait untuk pendirian posko darurat untuk pengungsian apabila memang di perlukan.

(maa/maa)