Manfaatkan Kapal Tol Laut, Kemenhub Salurkan APD ke Pelosok

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 01:02 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Perhubungan mengupayakan berbagai cara untuk menyalurkan alat pelindung diri (APD) kepada para petugas medis yang berada di pelosok Indonesia. Salah satu yang dilakukan yakni menggunakan kapal tol laut.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Wisnu Handoko mengatakan peran tol laut selama ini menjadi tumpuan pengiriman logistik khususnya ke daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar dan Perbatasan (3TP). Dia menyebut untuk sementara tol laut bisa digunakan untuk penyaluran peralatan dan perlengkapan medis.

"Tol laut bisa kita manfaatkan untuk membantu distribusi barang di tengah pandemi virus corona. Bahkan, kami sudah menggratiskan distribusi Alat Pelindung Diri (APD) ke Tahuna, Sulawesi Utara," kata Winu dalam keterangan pers yang diterima wartawan, Rabu (8/4/2020).


Wisnu menyebut pihaknya akan mengirimkan APD berupa penutup kepala (nurse cap), kacamata pelindung (safety google), pelindung wajah dan masker (masker N95 dan masker surgical), penutup telinga, jas lab/apron/cover all suit, sarung tangan, dan pelindung kaki/sepatu (sepatu boots/safety shoes). Seluruh APD tersebut akan dikirimkan menggunakan kapal tol laut.

Selanjutnya
Halaman
1 2