One Day One Hadits

Hadits Pendek: Berapa Kali Rasulullah Baca Istighfar dalam Sehari?

Tim Hikmah detikcom - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 05:31 WIB
One Day One Hadits tentang istighfar Nabi Muhammad
Foto: Andhika A/detikcom
Jakarta -

Hadits pendek kali ini tentang kebiasaan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam yang dalam satu hari membaca istighfar dan bertaubat kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala lebih dari 70 kali. Padahal sang kekasih Allah ini sudah diampuni semua salah dan dosanya.

One Day One Hadits tentang istighfar Nabi MuhammadOne Day One Hadits tentang istighfar Nabi Muhammad Foto: Andhika A/detikcom

Dari Abu Hurairah RA beliau berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Demi Allah, sesunguhnya aku beristighfar (memohon ampun) kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya lebih dari tujuh puluh kali dalam sehari." (Hadits Riwayat al-Bukhari)

Dalam hadits lain diriwayatkan dari Abu Hamzah Anas bin Malik al-Anshari, Rasulullah bersabda:

"Wahai manusia, bertaubatlah kepada Allah dan beristighfarlah (memohon) ampun kepada-Nya, Karena sesungguhnya aku bertaubat sebanyak seratus kali dalam satu hari."

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim seperti dikutip dari Kitab Riyadhus Shalihin karya Imam An Nawawi. Dalam kitabnya, Imam An Nawawi mengutip para ulama yang menyebutkan bahwa, taubat itu wajib dilakukan dari setiap dosa. Baik dosa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala maupun ke sesama manusia.

(erd/erd)