Seorang Mahasiswa IPB yang Positif COVID-19 Kini Sudah Sembuh

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 19:41 WIB
Kampus IPB/ipb.ac.id
Foto: Kampus IPB/ipb.ac.id
Jakarta -

Seorang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang dinyatakan positif terjangkit penyakit akibat virus Corona (COVID-19) kini telah sembuh. IPB yakin pasien COVID-19 yang lain juga bisa sembuh asalkan terus berusaha dan punya motivasi untuk sehat kembali.

"Mahasiswa IPB University yang pertengahan Maret lalu dinyatakan positif terinfeksi virus Corona (COVID-19) kemarin hasil tesnya dinyatakan negatif, setelah menjalani isolasi dan perawatan di Jakarta," kata Ketua Tim Crisis Center COVID-19 IPB University, Dodik R Nurrochmat, dalam keterangan pers tertulis yang diterima detikcom, Selasa (7/4/2020).

Kabar gembira ini disampaikan IPB atas izin pihak keluarga mahasiswa yang bersangkutan. Penanganan mahasiswa tersebut sudah dilakukan, diawali dengan langkah cepat Crisis Center COVID-19 IPB University yang berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Bogor. Selanjutnya, penanganan terhadap mahasiswa dilakukan oleh Dinas Kesehatan.

"Sementara seluruh sivitas akademika yang berdasarkan tracking terindikasi pernah kontak dengan yang bersangkutan didata dan diwajibkan melakukan karantina mandiri selama 14 hari. Alhamdulillah seluruh sivitas akademika tersebut semuanya telah melewati waktu karantina mandiri dalam kondisi sehat," kata Dodik.

IPB berterima kasih kepada puskesmas, Dinas Kesehatan, pihak rumah sakit, dan para dokter serta para tenaga medis yang membantu kesembuhan mahasiswa.

"Kita semua menyambut kesembuhan saudara kita ini dengan penuh rasa syukur. Kita semua berharap saudara-saudara kita yang saat ini sedang mendapatkan perawatan di rumah sakit dapat segera sembuh, yang telah diperbolehkan rawat jalan segera sehat kembali, dan yang telah dinyatakan sembuh serta kita semua warga IPB selalu sehat," tandasnya.

(dnu/van)