Bakal Minta Maaf ke Menko Luhut? Said Didu: Dia Intelektual

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 19:32 WIB
Muhamad Said Didu
M Said Didu (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu telah mengirimkan surat berisi klarifikasi video bertajuk 'Luhut: Uang, Uang dan Uang'. Video ini dianggap menyinggung Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Apakah ada permintaan maaf Said ke Luhut dalam suratnya?

Said mengaku telah mengirimkan surat ke Kemenko Marves pada Selasa (7/4/2020) pukul 11.00 WIB. Namun, ia tidak tahu apakah surat tersebut sudah diterima dan dibaca Luhut. Meski begitu, ia yakin Luhut merupakan sosok intelektual yang mampu memahami isi surat dengan baik.

"Saya belum tahu, mudah-mudahan sudah diterima beliau. Saya pikir dengan penjelasan saya, Pak Luhut, saya paham beliau intelektual, pasti memahami makna pernyataan saya dalam video tersebut dari kata per kata," kata Said Didu dalam konferensi pers yang disiarkan secara online, Selasa (7/4/2020).

Jubir Kemenko Marves, Jodi Mahardi, sempat meminta Said Didu meminta maaf atas video tersebut. Saat disinggung mengenai hal ini, Said kembali menegaskan Luhut sebagai intelektual yang bisa memahami makna surat yang diberikannya hari ini.

"Tadi saya menyatakan bahwa Pak Luhut sebagai intelektual, saya yakin memahami apa makna yang saya berikan surat hari ini," katanya.

Said juga mengomentari soal rencana pihak Luhut mengambil langkah hukum bila dirinya tak meminta maaf dalam kurun 2x24 jam. Said berargumen dirinya hanya mengkritik pemerintah dan menyatakan negara melindungi kebebasan berpendapat.

"Sebagai warga negara, semua warga dilindungi undang-undang untuk kebebasan berpikir dan berpendapat," katanya.

Said mengatakan dirinya berpedoman pada prinsip Bung Hatta. Dalam prinsip yang dipahaminya, seorang intelektual harus berani dalam meluruskan hal-hal yang mengesampingkan kepentingan rakyat. Menurutnya, seorang intelektual diam adalah intelektual pengkhianat. Sekali lagi, ia menegaskan, baik dalam video maupun surat tidak ada unsur dendam pribadi yang menyinggung pihak lain.

Simak video 'Klarifikasi Said Didu soal Pernyataan 'Luhut hanya Pikirkan Uang'

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2