Di Tengah Corona, Bupati Lutra Beri Bantuan ke Desa Terdampak Banjir

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 19:25 WIB
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani
Foto: Pemkab Luwu Utara
Jakarta -

Di tengah kondisi pandemi Covid-19, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani terjun langsung menyalurkan bantuan ke tiga kecamatan yang terdampak banjir. Hal itu dilakukan untuk memastikan kebutuhan pokoknya terpenuhi

"Hari ini kita memberikan bantuan natura kepada warga yang terdampak banjir pada (1-2 April 2020) lalu di 3 kecamatan. Bantuan ini memang diberikan kepada keluarga yang tidak dapat melaksanakan aktivitas karena banjir," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (7/4/2020).

Bantuan tersebut mulai disalurkan dari Desa Wara Kecamatan Malangke Barat, Desa Malangke, Tingkara, Pettalandung, Tolada di Kecamatan Malangke, dan di Desa Polewali Kecamatan Baebunta Selatan dengan total 439 Kepala Keluarga (KK).

Ia menuturkan pihaknya tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19 untuk tidak menggelar kegiatan yang berpotensi menimbulkan keramaian. Ia menyerahkan bantuan secara simbolis kepada sedikitnya masing-masing 5 warga/desa didampingi kepala desa terkait yang akan meneruskan bantuan ke rumah-rumah warga.

"Ini sekaligus menjawab pertanyaan bahwa ada wilayah yang berdasarkan assesment hanya dilalui banjir namun cepat surut sehingga warganya saat ini bisa kembali beraktivitas. Jadi bantuan ini untuk meringankan beban kebutuhan dasar warga yang terdampak, selanjutnya tentu ada penanganan teknis, baik itu perbaikan tanggul, irigasi, dan hal lain yang dianggap perlu untuk penanganan," jelas IDP sapaan akrabnya.

Tidak hanya natura, IDP juga membagikan masker kepada masyarakat, baik yang terdampak banjir, maupun warga yang ditemuinya di pinggir jalan sepanjang kunjungan kerja hari ini.

Sementara dari laporan Kalaksa BPBD Muslim Muchtar yang turut mendampingi IDP menyalurkan bantuan, ada sekitar 439 KK yang terdampak banjir di 3 kecamatan tersebut.

"Kecamatan Baebunta Selatan 64 KK, Kecamatan Malangke 253 KK, dan Malangke Barat 122 KK," jelas Muslim.

(mul/ega)