RS Khusus Corona di Pulau Galang Batam Resmi Beroperasi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 10:17 WIB
RS khusus Corona di Pulau Galang resmi dioperasikan (Dok. Puspen TNI)
RS khusus Corona di Pulau Galang resmi dioperasikan. (Foto: dok. Puspen TNI)
Jakarta -

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksdya TNI Yudo Margono meresmikan operasionalisasi rumah sakit (RS) khusus bagi pasien Corona (COVID-19) di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. RS ini sudah siap menerima pasien Corona.

Laksdya Yudo mengatakan RS ini memiliki 340 ruangan observasi dan 20 ruangan isolasi yang siap digunakan. RS khusus ini di bawah kendali Pangdam I/Bukit Barisan.

RS khusus Corona di Pulau Galang resmi dioperasikan (Dok. Puspen TNI)RS khusus Corona di Pulau Galang resmi dioperasikan (Foto: dok. Puspen TNI)

"Rumah sakit khusus pasien COVID-19 di Pulau Galang ini dibangun oleh pemerintah untuk warga Indonesia, terutama bagi pekerja migran yang banyak jumlahnya. Tetapi, apabila ada pasien rujukan dari rumah sakit daerah di Indonesia, akan tetap diterima, termasuk masyarakat yang datang langsung," kata Yudo dalam keterangan resminya, Selasa (7/4/2020).

Peresmian RS khusus Corona ini dilakukan pada Senin (6/4) sore. Yudo mengatakan RS ini memiliki 241 tenaga medis dari TNI-Polri, Kemenkes, pemda, dan relawan. Selain itu, ada tim pendukung lainnya, termasuk tim dari Bekangdam I, yang bertugas di dapur lapangan.

Penampakan RS Corona di Pulau Galang-BatamPresiden Jokowi saat meninjau RS Corona di Pulau Galang, Batam (Foto: dok. Kementerian PUPR)

RS khusus ini memiliki tiga helipad dan pelabuhan laut yang dapat dipakai dalam situasi darurat. RS ini bisa menampung pasien hingga 460 orang.

RS Corona di Pulau Galang Siap Dioperasikan, Kapasitas 360 Bed:

(jbr/idh)