Eks Asisten Ajudan Jokowi Ini Satu-satunya Tentara Asing Lulus Sekolah Elite Militer AS

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 08:46 WIB
Kapten Inf Teddy Indra Wijaya (Dok TNI AD)
Kapten Inf Teddy Indra Wijaya (Foto: dok TNI AD)
Jakarta -

Ini adalah Kapten Inf Teddy Indra Wijaya, mantan asisten ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia kini menjadi satu-satunya tentara asing yang lulus sekolah US Army Ranger, sekolah pasukan paling elite di Angkatan Darat Amerika Serikat (AS).

Sebagaimana disiarkan oleh situs resmi TNI AD, diakses detikcom, Selasa (7/4/2020), Atase Militer Darat RI untuk AS, Kolonel Inf Hendri, menyampaikan kabar ini.

"Pendidikan itu diikuti oleh tentara yang telah terpilih paling fit, baik secara fisik dan mental. Untuk persentase kelulusan sekolah selama ini, berkisar 20-25 persen dari seluruh jumlah siswa pada periode pendidikan tersebut," kata Hendri.

Sekolah Ranger ini adalah program untuk menghasilkan lulusan US Army Ranger bagi Resimen Ranger ke-75, lokasinya ada di Fort Benning, Georgia, AS.

Sekolah ini memiliki seleksi yang ketat. Jumlah awalnya ada 416 siswa, diikuti siswa asing dari Jerman, Ukraina, Arab Saudi, Kanada, Belanda, dan Indonesia. Hanya 76 siswa yang berhasil lulus, di antaranya ada satu saja siswa asing yang lulus, yakni siswa dari Indonesia, yakni Kapten Inf Teddy Indra Wijaya.

Tingkat kesulitan sekolah ini tidak main-main. Maka tidak aneh Ranger School menjadi sekolah paling bergengsi bagi AD Negeri Paman Sam. Di gerbang Pangkalan Militer (Fort Benning, Georgia) terpampang tulisan 'Not for the Weak and Fainthearted' atau 'Bukan untuk Mereka yang Lemah dan Pengecut'. Meski sekolah ini sulit, pria yang pernah diguyur air kembang oleh Presiden Jokowi pada prosesi pernikahan siraman 2018 itu lulus.

Jokowi hadiri siraman dan pengajian asisten ajudannya, Teddy.Jokowi menghadiri siraman dan pengajian asisten ajudannya, Teddy, 9 September 2018 (Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Setpres)

Lihat video Kisah Paspampres Era Jokowi: Maunya Dekat Rakyat, Harus Ekstra Hati-hati:

Selanjutnya
Halaman
1 2