2 Orang Positif Corona di NTB, Riwayat Kontak dengan Pasien Kasus Pertama

Faruk Nickyrawi - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 02:45 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Jakarta -

Pasien terkonfirmasi positif virus Corona (COVID-19) di Nusa Tenggara Barat (NTB), bertambah 2 orang. Hingga kini total ada 10 orang pasien dalam pengawasan yang terpapar virus corona di wilayah tersebut.

Dua orang yang terkonfirmasi positif tersebut laki-laki (41) dan perempuan (28). Keduanya sama-sama berasal dari Lombok Timur dan memiliki riwayat kontak dengan pasien pertama yang dinyatakan positif (pasien 01).

"Pasien ini memiliki kontak erat dengan pasien nomor 1. Dalam 14 hari terakhir sebelum sakit, tidak pernah melakukan berpergian ke daerah terjangkit covid-19. Saat ini dirawat isolasi di RSUD dr R Soedjono Selong dengan kondisi baik," kata Ketua Pelaksana Harian Tim Gugus Tugas NTB, H Lalu Gita Ariadi, dalam keterangan tertulisnya Selasa (7/4/2020) dini hari.

Untuk menghindari penularan lebih lanjut, petugas medis melakukan contact trecing kepada semua orang yang pernah contak dengan masing-masing pasien positif.

"Dengan bertambah 2 kasus terkonfirmasi positif Covid-19, maka jumlah pasien positif di NTB menjadi 10 orang," ujarnya.

Untuk mempercepat proses pemeriksaan sampel, Laboratorium RSUD Provinsi NTB sebagai rumah sakit rujukan pemeriksaan COVID-19 telah mulai melakukan pemeriksaan terhadap sampel PDP dari rumah sakit jejaring. Selanjutnya, hasil pemeriksaan terhadap sampel tersebut nantinya akan disampaikan kepada Litnangkes RI Jakarta.

(fas/fas)