Mahfud Md Teken 9 Prasasti Pembangunan Kabupaten Kepulauan Anambas

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 00:02 WIB
Mahfud Teken Sembilan Prasasti Pembangunan Kabupaten Kepulauan Anambas
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) selaku Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Mahfud Md, menandatangani prasasti peresmian hasil pembangunan tahun 2019 di Kabupaten Kepulauan Anambas yang merupakan kawasan perbatasan. Penandatanganan prasasti dilaksanakan di rumah dinas jabatannya, Jalan Denpasar, Jakarta Selatan.

Kegiatan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2020 digelar di kawasan perbatasan Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, yang dilaksanakan pada Senin (16/3) lalu. Namun, penandatanganan baru dilaksanakan pada Senin (6/4) karena Mahfud berhalangan hadir saat pelaksanaan.

Mahfud mengatakan Gerbangdutas yang diadakan di Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan komitmen pemerintah untuk menegaskan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di batas negara. "Kegiatan Gerbangdutas di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau tanggal 16 Maret 2020 merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam menegaskan kedaulatan NKRI, pemerataan pembangunan di kawasan perbatasan negara, serta memperkuat aspek pertahanan dan keamanan," kata Mahfud dalam keterangannya, Senin (6/4/2020).

Mahfud menyebut untuk mewujudkan perbatasan negara sebagai beranda NKRI tidak hanya menjadi tugas pemerintah pusat saja. Tapi, kata dia, peran para Gubernur selaku wakil pemerintah pusat, yang dibantu oleh Bupati/Walikota, sangat diperlukan dalam mengkoordinasikan pelaksanaan pembangunan perbatasan berdasarkan pedoman pemerintah pusat dan prioritas Pemda.

"Pembangunan kawasan perbatasan negara menjadi tanggung jawab kita semua, untuk itu pemerintah mendorong peningkatan peran aktif seluruh stakeholder dalam membangun kawasan perbatasan negara, khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan negara," katanya.

Dari total 17 Prasasti Peresmian Hasil Kegiatan Tahun 2019 di Kabupaten Kepulauan Anambas, Menko Mahfud menandatangani sejumlah sembilan (9) prasasti, sementara untuk delapan (8) prasasti lainnya telah ditandatangani oleh Menteri Dalam Negeri yang juga Kepala BNPP, Tito Karnavian pada Selasa (24/3).

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2