Wali Kota Semarang Raih Penghargaan Tokoh Peduli Lingkungan

Yudistira Imandiar - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 22:39 WIB
Pemkot Semarang
Foto: Pemkot Semarang
Jakarta -

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mendapatkan penghargaan bidang pengembangan lingkungan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Penghargaan diberikan dalam rapat senat terbuka Dies Natalis UIN Walisongo ke-50, yang diselenggarakan secara online.

Rektor UIN Semarang Prof Imam Taufiq mengungkapkan Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang, mendapatkan penghargaan atas dedikasinya merawat dan menghijaukan jalanan di sepanjang jalur Kota Semarang. Hendi juga membuat taman hijau di sudut-sudut kota, sampai di tingkat kelurahan untuk digunakan masyarakat berolahraga dan bercengkerama.

Selain di jalanan, lanjut Imam, berbagai kebijakan di bawah kepemimpinan Hendi juga berorientasi pada pengembangan lingkungan. Kebijakan itulah yang dirasa sesuai dengan visi lembaga, yaitu pengembangan smart and green kampus.

"Kita berikan dukungan dan apresiasi kepada para tokoh yang inspiratif sesuai visi-misi lembaga, yaitu smart and green kampus. Setelah riset dan koordinasi dengan tim, salah satu tokoh yang perlu diberi penghargaan yaitu tokoh peduli lingkungan, yang kita akan berikan kepada Wali Kota Semarang Hendrar Pribadi," kata Imam dalam keterangan tertulis, Senin (6/4/2020).

Ia menambahkan, UIN Walisongo menempati urutan dua dalam hal perwujudan green kampus di Indonesia versi perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama. Oleh sebab itu, pihaknya akan terus berupaya agar konsep hijau di UIN Semarang terus berkembang.

Sementara itu, Hendi merasa tersanjung dengan penghargaan yang diperolehnya. Ia mengatakan, program yang dikerjakan selama memimpin hanya membereskan aspek yang dirasa kurang.

"Saya terima kasih mendapat penghargaan ini. Persahabatan saya dengan keluarga UIN ini sudah cukup lama, ternyata ada bonusnya. Padahal saya sendiri itu hanya muter saja, keliling daerah, mana yang dirasa kurang lalu disempurnakan. Ternyata ada pihak yang menilai," katanya.

Selain Hendi, satu tokoh lain yang menerima penghargaan pada Dies Natalis ke-50 UIN Semarang, yaitu K.H. Najib Hasan sebagai tokoh yang merawat ajaran dan tradisi Walisongo.

(akn/ega)