Round-Up

Seruan Kepala Daerah Wajib Pakai Masker Lawan Corona, Pelanggar Didenda!

Tim detikcom - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 21:50 WIB
pakai masker
Foto ilustrasi pemakaian masker. (shutterstock)
Jakarta -

Gaung kampanye memakai masker saat pandemi virus Corona (COVID-19) terus didengungkan sejumlah kepala daerah. Warga yang abai bahkan terancam dikenai denda.

Kampanye pakai masker ini sebelumnya disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengimbau seluruh masyarakat wajib menggunakan masker saat keluar rumah demi mencegah penyebaran virus Corona. Jokowi meminta masyarakat mengikuti saran WHO untuk memakai masker tak hanya untuk yang sakit. Jokowi meminta semua masyarakat yang memakai masker saat ke luar rumah.

"Kemudian karena terakhir saya melihat, membaca WHO menganjurkan agar semuanya memakai masker. Saya minta penyiapan masker ini sekarang ini betul-betul disiapkan dan diberikan kepada masyarakat," ujar Jokowi membuka ratas yang disiarkan langsung lewat akun YouTube, Senin (6/4/2020).

Menindaklanjuti instruksi Jokowi, sejumlah kepala daerah menggalakkan penggunaan masker, terutama masker kain.

Berikut seruan kepala daerah agar warga memakai masker saat pandemi Corona:

Padang

Pemerintah Kota (Pemkot) Padang mewajibkan penggunaan masker bagi setiap warga yang keluar rumah. Pelanggar aturan akan didenda dengan dua buah masker.

Sanksi ini tercantum dalam Instruksi Wali Kota Padang bernomor 870.176/BPBD-Pdg/IV/2020. Sanksi dua masker itu diperuntukkan satu bagi pelanggar, sementara satu masker lagi akan diserahkan kepada warga yang belum punya masker.

Wali Kota PadangWali Kota Padang Mahyeldi (Foto: dok padang.go.id)

"Kita sudah terbitkan instruksi. Mulai 6 April 2020 ini, seluruh masyarakat ketika beraktivitas atau berada di luar rumah untuk kepentingan mendesak, seperti membeli bahan pangan dan berobat, wajib menggunakan masker," kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansyarullah, Senin (6/4/2020).

"Bagi yang keluar rumah tanpa mengenakan masker akan didenda. Dua masker. Satu untuk yang bersangkutan, satu lagi diserahkan kepada warga yang belum punya," tambah dia.

Mahyeldi mengatakan Instruksi Wali Kota Padang ini dibuat semata-mata dimaksudkan untuk mencegah penularan COVID-19.

Masyarakat yang berasal dari luar daerah yang akan memasuki Kota Padang juga diharuskan untuk memakai masker dan menjaga jarak aman selama berada di kendaraan.

Sumatera Utara

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi meminta masyarakat agar menggunakan masker demi mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19. Dia meminta warga tak membuat pusing pemerintah.

"Ayo kita hadapi corona ini sama-sama. Jangan makin bikin pusing pemerintah. Kalau dibilang pakai masker, pakai masker. Gunakan masker sehingga virus ini tidak ada media yang bisa menularkan kepada orang lain," ujar Edy di rumah dinas Gubsu, Medan, Senin (6/4/2020).

Edy juga meminta masyarakat tetap berada di rumah. Jika ingin keluar, kata Edy, warga diminta menjauhi keramaian.

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi.Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi. (Ahmad Arfah/detikcom)

Edy mengatakan penggunaan masker saat ini menjadi hal yang wajib dilakukan. Menurutnya masyarakat yang tidak menggunakan masker adalah masyarakat yang tidak mematuhi aturan.

"Kemarin-kemarin wajib pakai masker. Yang nggak pakai masker ini nggak patuh aturan. Kenapa pakai masker? Karena ada virus," jelasnya.

Dia mengatakan masker di Sumut tersedia. Edy berharap warga patuh terhadap aturan yang dibuat pemerintah.

"Ada, ada. Orang maskernya letak di sini (menunjuk leher). Bukan tidak ada," ucap Edy.

Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggunakan masker kain saat menghadiri Rapat Paripurna (Rapur) Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Diketahui, rapur pemilihan dilaksanakan saat masih ada wabah virus Corona.

Terlihat Anies hadir di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2020). Dia menggunakan masker kain hitam, selaras dengan warna jas yang dipakai.

Anies duduk di meja khusus untuk Gubernur DKI Jakarta. Meja tersebut berada di depan di samping kanan meja pimpinan Dewan.

Anies sebelumnya mengeluarkan seruan. Dia meminta seluruh warga selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah.

Anies pakai masker kain hitam saat hadiri pemilihan wagub dki di DPRD DKI Jakarta.Anies pakai masker kain hitam saat hadiri pemilihan wagub dki di DPRD DKI Jakarta. (Foto: dok. Pemprov DKI Jakarta)

Selanjutnya
Halaman
1 2 3