Hadapi Covid-19, Yuk Wakaf Buat RS Container

Reyhan Diandra - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 16:06 WIB
corona trenggalek
Foto: Adhar Muttaqien
Jakarta -

Covid-19 telah menjadi pandemi di planet bumi, tidak terkecuali Indonesia yang menjadi salah satu dari sekitar 200 negara yang terjangkit virus mematikan itu. Hingga 2 April 2020, pemerintah masih melaporkan adanya peningkatan jumlah orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 menjadi 1.790 kasus, di mana 1.508 orang diantaranya sedang dirawat.

Tingginya jumlah orang yang dirawat karena terjangkit Covid-19 telah menggerakan beberapa pihak untuk membantu pemerintah menyiapkan sarana ruang isolasi. Seperti yang dilakukan oleh salah satu perusahaan anak BNI, yaitu BNI Syariah, bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Nasional, Dompet Dhuafa. Mereka menyiapkan Rumah Sakit Container Covid-19.

Melalui kerja sama ini diharapkan dapat terbangun fasilitas kesehatan RS Container Covid-19 di RST Dompet Dhuafa, Parung, Bogor, Jawa Barat. Fasilitas ini dapat membantu masyarakat dalam menghadapi wabah Covid-19, terutama para pasien penderita Corona dan melindungi para santri di Pesantren dari risiko tertular wabah tersebut.

"RS Container Covid-19 terdiri atas 10 rangkaian dan difungsikan sebagai ruang isolasi, bersifat portable, ramah lingkungan, proses pembuatan cepat dan tahan lama," ujar Direktur Kepatuhan BNI Syariah Tribuana Tunggadewi, dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (4/4/2020).

BNIBNI Foto: BNI

BNI Syariah dan Dompet Dhuafa dalam kerja sama ini berperan untuk melakukan penggalangan dana Wakaf yang akan digunakan untuk membangun RS Container Covid-19. Dana Wakaf tersebut dihimpun melalui platform Wakaf Hasanah BNI Syariah, dengan target dana yang terkumpul sebanyak Rp 250 juta.

Platform Wakaf Hasanah BNI Syariah merupakan wakaf melalui uang untuk proyek wakaf yang dapat diakses wakif (orang yang akan berwakaf) melalui website dan aplikasi Wakaf Hasanah dengan pembayaran melalui transfer ke rekening Virtual Account. Wakaf uang yang terkumpul dari wakif melalui Wakaf Hasanah, akan didistribusikan kepada nazhir (pengelola dana wakaf) dengan proyek yang sudah wakif pilih.

Dalam kaitan Covid-19 kali ini, proyek yang dimaksud adalah Proyek Pembangunan RS Container Covid-19, dengan nazhir-nya adalah Dompet Dhuafa. Adapun masyarakat yang hendak menjadi wakif, dapat mengakses aplikasi Wakaf Hasanah versi android atau via website https://wakafhasanah.bnisyariah.co.id/. Saat ini ada total 26 nazhir yang bergabung di dalam Wakaf Hasanah dengan total wakif sebanyak 7.005. Total dana terhimpun melalui Wakaf Hasanah sebesar Rp 7,82 miliar dari 60 proyek yang sudah berjalan.

Direktur Mobilisasi Wakaf Dompet DhuafaYuniarko Sukendro mengatakan, RS Container adalah salah satu solusi cepat dan tepat untuk membuat ruang isolasi pasien dalam pengawasan (PDP) Covid -19 di tengah terbatasnya ruang isolasi yang tersedia di Indonesia.Dengan adanya RS Container ini diharapkan akan menambah harapan hidup pasien Covid -19. Selain itu diharapkan pasien dapat tertangani dengan baik sehingga angka kematian serta penularan virus Corona bisa segera teratasi.

Dompet Dhuafa berharap sinergi bersama BNI Syariah berupa pembangunan rumah sakit ini bisa segera terwujud. Dengan program ini diharapkan bisa meningkatkan kepedulian dan kedermawanan masyarakat.

Kerja sama BNI Syariah

BNI Syariah dan Dompet Dhuafa secara aktif mengembangkan kerja sama dan sinergi untuk membentuk ekosistem halal, diantaranya melalui: pemanfaatan jasa produk jasa dan tabungan BNI Syariah seperti payroll, BNI iB Fleksi Hasanah, kerja sama BNI Syariah dengan lembaga nazhir melalui program Wakaf Hasanah, program Dompet Dhuafa Goes to Campus dan program Cash Wakaf Linked Sukuk (CWLS).

Selain kerja sama dengan Dompet Dhuafa, BNI Syariah juga melakukan kerja sama dengan Cinta Quran Foundation dalam program Selamatkan Penjaga Quran. Program ini bertujuan untuk melindungi penjaga quran dari risiko tertular COVID-19.

"Di tengah wabah, masih ada para penjaga Quran yaitu para santri yang terisolasi di pesantren karena efek #socialdistancing," ujar Dewan Pembina Cinta Quran Foundation Fatih Karim.

Dengan program ini diharapkan bisa memutus rantai penyebaran virus Corona di tiap lingkungan pesantren. Program ini bertujuan untuk membantu pesantren menyediakan fasilitas sanitasi dan kebersihan. Selain itu dengan program ini bisa membantu supplai makanan, masker, desinfektan, sabun antiseptik, serta multivitamin serta minuman herbal para santri yang ada di pesantren.

Targetnya ada sebanyak 10.000 santri yang bisa terbantu dalam program ini sehingga para santri penghafal Quran dapat terus menjaga Al Quran dengan mempelajari dan menghafalkannya. Cinta Quran Foundation merupakan lembaga sosial yang menaruh kepedulian tinggi terhadap Alquran yang dibina dan digagas oleh Ustadz Fatih Karim sejak 2014 silam.

Kegiatan Sosial BNI Syariah Bersama Yayasan Hasanah Titik

Disamping kerja sama dengan beberapa LAZ, dalam pelaksanaan kegiatan bantuan masyarakat terkait Corona BNI Syariah bekerja sama dengan Yayasan Hasanah Titik yang merupakan pengelola zakat perusahaan BNI Syariah.

Kegiatan bantuan masyarakat yang telah dilakukan diantaranya Layanan Kesehatan Cegah Virus Corona Sejak Dini di Kantor Pusat BNI Syariah bagi pegawai dan tamu yang berkunjung, penyemprotan disinfektan di 8 lokasi di sekitar Jabodetabek (Terminal Blok M, Pasar Santa, Majestik, Blok S, Terminal Lebak Bulus, Pasar Cipete, Pasar Blok A, dan beberapa masjid di Jakarta Barat), bantuan alat pelindung diri (APD) untuk tim medis di RS Hasanah Graha Afiah (HGA), pemberian santunan kepada Pensiunan BNI Syariah yang bertempat tinggal di zona merah Covid-19, serta program Tetanggaku Hasanahku yaitu pemberian bantuan dari pegawai BNI Syariah kepada tetangga terdekat yang terdampak Covid-19.

(mul/mpr)