Pemerintah: Pakai Masker Kain Maksimal 4 Jam, Cuci Kembali dengan Air Sabun

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 16:03 WIB
Jubir Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto
Foto: dok. BNPB
Jakarta -

Pemerintah meminta masyarakat menggunakan masker kain pada saat beraktivitas di luar rumah untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19). Selain membeli, masyarakat bisa membuat sendiri masker dari bahan kain.

"Kita cukup menggunakan masker kain yang bisa kita buat sendiri," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achamd Yurianto, dalam konferensi pers yang disiarkan melalui akun YouTube BNPB, Senin (6/4/2020).



Yuri mengatakan masker kain maksimal digunakan selama 4 jam. Masker dapat digunakan kembali setelah dicuci bersih menggunakan sabun.

"Kita gunakan maksimal 4 jam dalam sehari, dan kemudian kita cuci kembali dengan air sabun," kata Yuri.

Yuri menambahkan masker bedah dan masker N95 hanya untuk petugas kesehatan. Dia meminta masyarakat tidak membeli dan menggunakan masker yang peruntukannya buat paramedis.

"Masker bedah, masker N95 hanya diperuntukkan bagi petugas kesehatan," tuturnya.



Yuri mengatakan anjuran penggunaan masker saat beraktivitas di luar rumah ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta rekomendasi dari organisasi kesehatan dunia atau WHO.

"Presiden Joko Widodo telah mengingatkan kita semua, sejalan juga dengan rekomendasi dari organisasi kesehatan dunia agar seluruh masyarakat menggunakan masker," kata Yuri.

(dwia/hri)