Proses Pemilihan Wagub DKI Masuk Tahap Penghitungan Suara

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 12:06 WIB
Paripurna Pemilihan Wagub DKI
Paripurna Pemilihan Wagub DKI (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Proses pencoblosan pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI telah berlangsung di rapat paripurna. Saat ini proses pemilihan tengah memasuki tahap penghitungan suara.

Dilihat detikcom di akun YouTube Pemprov DKI, pemilihan dilakukan di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (6/4/2020). Pencoblosan dilakukan dengan jumlah 100 orang anggota DPRD dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pencoblosan oleh panitia dan saksi.

"Kita telah menyelesaikan pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta dengan total jumlah kehadiran yang disepakati 100 orang.

Selanjutnya, sebelum lanjut ke proses penghitungan panitia dan saksi menandatangani berita acara," ujar pimpinan sidang.

Setelah penandatanganan, acara dilanjutkan dengan penghitungan suara. Kotak suara dibawa oleh Sekretaris Dewan (Sekwan), para saksi dari kedua calon juga diminta untuk maju ke depan.

"Selanjutnya sesi penghitungan suara, kepada Sekwan kedua kotak dibawa ke depan, di tengah. Kepada saksi penghitung kedua pasang calon, silakan," tuturnya.

Sebelumnya diketahui, pemilihan dilakukan oleh DPRD secara bergantian dengan memanggil tiga orang. Pemilihan juga dibagi dua gelombang, demi menjaga physical distancing.

Pemilihan diawali oleh pimpinan DPRD. Ketua DPRD Prasetyo Edi Marsudi dilanjutkan dengan wakil pimpinan M Taufik, Abdurahman Suhaimi.

Rapat pemilihan Wakil Gubernur ini juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies tampak menyaksikan pemilihan dan duduk tempat khusus Gubernur DKI Jakarta yang berada di posisi depan samping kanan meja pimpinan Dewan.

Nurmansjah Lubis - Riza Patria Resmi Jadi Cawagub DKI:

(dwia/hri)