Jokowi: Percepat Tes Laboratorium Virus Corona dan Distribusi APD!

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 10:01 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemeriksaan virus Corona (COVID-19) di laboratorium untuk dipercepat. Dengan dipercepat, Jokowi berharap masyarakat yang terinfeksi COVID-19 akan bisa segera terdeteksi.

"Kecepatan pemeriksaan di laboratorium agar didorong lagi, lebih diteken lagi, agar lebih cepat dan kita harapkan dengan kecepatan itu kita bisa mengetahui siapa yang positif, siapa negatif," kata Jokowi dalam ratas dengan Gugus Tugas COVID-19 melalui video yang disiarkan Sekretariat Presiden, Senin (6/4/2020).

Selain pemeriksaan laboratorium, Jokowi juga meminta agar tes PCR dipercepat. Pelaksanaan rapid test, kata dia, juga harus diprioritaskan bagi orang-orang berisiko tinggi.

"Mengenai kecepatan, saya betul-betul minta agar tes PCR, pelaksanaan rapid test ini diberikan prioritas untuk orang-orang beresiko tinggi, baik untuk dokter dan keluarganya, untuk yang PDP, untuk yang ODP," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga meminta Gugus Tugas COVID-19 untuk mempercepat pengadaan distribusi alat kesehatan di rumah sakit. Dia meminta distribusi APD di daerah untuk lebih diawasi.

"Kemudian kecepatan mengenai pengadaan distribusi APD alat-alat kesehatan di RS itu juga menjadi perhatian. Kita sudah mendistribusikan misalnya di provinsi di daerah, tapi dari daerah itu juga diawasi apa betul sudah didistribusikan ke rumah sakit," pungkas Jokowi.

Mantap! Pria di Sukabumi Bikin APD Murah untuk Tenaga Medis Lawan Corona:

(mae/fjp)