Sosialisasi Pakai Masker di TransJ-MRT-LRT Cegah Corona Dimulai Hari Ini

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 06:05 WIB
Pelayanan bus TransJakarta reguler di Terminal Pinang Ranti, Jakarta Timur, Selasa (17/3/2020), kembali normal. Setelah sebelumnya sempat terjadi penumpukan penumpang karena pengurangan jam layanan akibat Pandemi Corona.
Ilustrasi, Foto: Rengga Sancaya

Anies menjelaskan masyarakat bisa menggunakan masker berjenis kain. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini meminta masyarakat tidak membeli dan menggunakan masker medis.

"Tidak membeli dan/atau menggunakan masker medis serta menyadari bahwa masker medis diprioritaskan untuk tenaga medis," ucapnya.

Penggunaan masker kain juga dikampanyekan pemerintah.

"Mulai hari ini, sesuai dengan rekomendasi dari WHO, kita jalankan masker untuk semua. Semua harus menggunakan masker. Masker bedah, masker N95 hanya untuk petugas kesehatan. Gunakan masker kain, ini menjadi penting," ujar juru bicara pemerintah untuk penanganan Corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube BNPB, Minggu (5/4/2020).

Yuri mengimbau masyarakat memakai masker setiap ke luar rumah. Sebab, dia mengatakan virus Corona saat ini masih berkeliaran di lingkungan masyarakat.

Yuri juga menyarankan agar warga yang sudah memakai masker kain sehari-harinya tetap menjaga kebersihan pada masker kain itu. Yuri menjelaskan masker kain harus dicuci setiap 4 jam sekali dengan menggunakan sabun.

Meski begitu, Yuri menegaskan masyarakat disarankan menggunakan masker kain, bukan masker bedah maupun masker n95.

"Masker bedah, masker n95 hanya untuk petugas kesehatan. Gunakan masker kain, ini menjadi penting karena kita tidak pernah tau di luar orang tanpa gejala banyak didapatkan, kita tidak tahu bahwa mereka adalah sumber penyebaran penyakit," lanjut Yuri.

selanjutnya
Halaman

(aan/rfs)