40 Gunner PMI Bakal Semprot Jawa-Sumatera-Sulawesi dengan Disinfektan

Danu Damarjati - detikNews
Minggu, 05 Apr 2020 20:34 WIB
Ketum PMI Jusuf Kalla meninjau proses perakitan armada gunner milik PMI. Armada gunner ini akan digunakan untuk penyemprotan disinfektan terkait virus corona.
Foto: dok Tim Media JK
Jakarta -

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) meninjau perakitan 40 alat penembak yang disebut gunner. Nantinya, armada gunner ini bakal menyemprot Jawa, Sumatera, dan Sulawesi dengan disinfektan. Harapannya, penularan virus Corona bisa ditangkal.

Sebagaimana informasi dari Tim Media JK, Minggu (5/4/2020), armada gunner penyemprot disinfektan ini dirakit di PT Cidas, Kawasan Gunung Putri, Jawa Barat.

"Rencananya PMI membuat sekitar 40 armada gunner yang akan digunakan untuk melakukan penyemprotan di wilayah Jabodetabek dan Kota Kota besar di Indonesia di antaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra, dan Sulawesi," kata Tim Media JK.

Di antara 40 unit penyemprot disinfektan itu, sudah ada 5 armada yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta. Wilayah Jakarta adalah episentrum pandemi COVID-19 di Indonesia. Kini, jumlah perakitan sisanya bakal rampung dalam dua pekan ke depan dan bisa langsung dikirim ke lokasi-lokasi yang butuh semprotan disinfektan.

JK mengatakan ini adalah upaya pencegahan dari penularan Corona. Selain gunner disinfektan, PMI juga memiliki 120 unit mobil tangki air, 230 unit mobil pikap, dan 30 unit motor roda tiga yang bisa digunakan untuk menyemprot disinfektan.

Selanjutnya
Halaman
1 2