Warga Jambi Swadaya Bantu APD untuk Tenaga Medis Tangani Corona

Ferdi Almunanda - detikNews
Minggu, 05 Apr 2020 12:30 WIB
Warga Jambi berikan bantuan alat pelindung diri untuk tenaga medis.
Warga Jambi memberikan bantuan alat pelindung diri untuk tenaga medis. (Ferdi Almunanda/detikcom)
Jakarta -

Perkumpulan warga Jambi yang menamakan diri Pejuang COVID-19 menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) ke empat rumah sakit di Jambi. Bantuan APD itu sebagai bentuk kepedulian terhadap tenaga medis yang tengah berjuang menyembuhkan pasien yang terpapar virus Corona (COVID-19).

"Donasi itu kita kumpulkan selama 14 hari dengan terkumpul dana sebesar Rp 185 juta rupiah. Dari uang yang sudah terkumpulkan itu, kemudian kita berikan pakaian APD untuk para medis di rumah sakit. Karena kita tahu mereka adalah garda terdepan dalam melawan virus Corona ini," kata Albert selaku perwakilan dari perkumpulan warga Jambi itu saat dihubungi detikcom, Minggu (5/4/2020).

Menurut Albert, mereka sempat mengalami kesulitan untuk mendapatkan pakaian lengkap sebagai APD untuk para medis itu. Selain langkanya bahan kebutuhan APD di pasar, banyak APD seperti masker yang susah didapatkan.

"Memang agak susah dapatkan APD itu. Kalaupun ada harga-harga yang dijual cukup tinggi alias mahal. Namun bagi kita bagaimana APD itu ada itu akan kita lakukan agar para medis kita dapat terlindungi saat tengah mengobati pasien baik itu yang bergejala atau tidak bergejala virus Corona sebagai pelindung keselamatan mereka agar tidak tertular," ujarnya.

Persediaan APD yang dikenakan dokter dan perawat untuk menangani pasien infeksi virus Corona di Indonesia memang sangat menipis. Menipisnya stok barang itu juga membuat APD di rumah sakit Jambi juga mengalami kekurangan.

Tanpa APD, para tenaga medis amat sangat rentan tertular akan terinfeksi virus Corona. Bahkan banyak para medis yang menangani pasien terinfeksi juga ikut sakit hingga banyak pula yang berguguran.

Selanjutnya
Halaman
1 2