Round-Up

Positif Corona Tembus 2.092, Hotel-Rumah Dinas Disulap demi Ruang Isolasi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 05 Apr 2020 09:14 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Ilustrasi Corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Jakarta -

Jumlah kasus positif virus Corona (COVID-19) menembus angka 2.092. Ruang isolasi ramai-ramai disiapkan demi mengantisipasi lonjakan pasien Corona.

Data per Sabtu (4/4/2020), positif Corona 2.092 kasus. Pasien meninggal 191 orang dan pasien sembuh 150 orang.

Sejumlah gedung dan bangunan di sejumlah daerah dialihfungsikan demi tempat observasi dan isolasi pasien Corona, termasuk mengantisipasi kedatangan pemudik ke kampung halaman. Ada kampus, asrama haji, hotel, bahkan rumah dinas pejabat daerah yang disulap menjadi ruang isolasi.

Berikut ini gedung dan bangunan yang disulap demi ruang isolasi Corona:


Kampus Politeknik

Pemkot Kediri menyiapkan kampus Politeknik 1 Kota Kediri dan RSUD Gambiran lama sebagai tempat isolasi bagi kedatangan pemudik.

Gedung perkuliahan yang sempat digunakan beberapa bulan lalu secara khusus disulap oleh Pemkot Kediri untuk menjadi ruang observasi bagi pendatang, baik warga luar kota maupun imigran.

Di Kampus Politeknik 1 Kota Kediri di Jalan Mayor Bismo, sejumlah ruangan khusus disediakan untuk observasi. Sementara ruang di RSUD Gambiran digunakan untuk isolasi. Ada 50 bed khusus warga yang menjalani observasi dan isolasi dengan dilengkapi penyejuk udara dan ventilasi yang cukup.

Sejumlah anggota Satpol PP Kediri tampak menyiapkan perlengkapan tidur dan fasilitas ruangan berikut pos pengamanan saat observasi dan isolasi.

"Gedung (politeknik) ini akan menjadi lokasi observasi warga pendatang dan imigran selama 14 hari, kalau isolasi nanti di RSUD Gambiran lama," jelas Abu. Jumat (3/4).

Tidak hanya gedung Poltek Kediri, RSUD Gambiran lama yang beberapa tahun tidak digunakan, kini kembali disiapkan sebagai lokasi isolasi pasien ODP.

Rumah sakit yang terletak di Jalan Wahid Hasyim ini sempat tutup karena sudah ada penggantinya yang baru, yakni RSUD Gambiran II yang terletak di Jalan Kapten Tendean.

Di rumah sakit ini terdapat ruangan Irna Melati dan Graha Wijaya Kusuma. Dua ruangan untuk isolasi ini memiliki 100 ruang tidur.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Kediri dr Fauzan Adima mengatakan nantinya gedung RSUD Gambiran I ini akan digunakan untuk isolasi bagi kriteria orang dalam pemantauan (ODP) dengan gejala ringan. Ada 18 ruangan di Irna Melati dan 40 ruangan di Graha Wijaya Kusuma yang sedang diperbaiki.

Sedangkan untuk ODP dengan gejala berat dan pasien dalam pengawasan (PDP) ditempatkan di RSUD Gambiran II.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3