Waspadai Corona, 45 TKA China di Bengkulu Ikuti Tes Kesehatan

Hery Supandi - detikNews
Minggu, 05 Apr 2020 01:00 WIB
Waspadai Corona, 45 TKA China di Bengkulu Ikuti Tes Kesehatan
Waspadai Corona, 45 TKA China di Bengkulu Ikuti Tes Kesehatan (Foto: Hery Supandi/detikcom)
Bengkulu -

Tenaga kerja asing (TKA) asal China yang bekerja di perusahan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kelurahan Teluk Sepang, menjalani pemeriksaan kesehatan. Sebanyak 45 TKA diperiksa oleh tim medis dari Dinas Kesehatan Kota Bengkulu.

Pemeriksaan kesehatan tersebut sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Corona (COVID-19). Petugas kepolisian dari Polsek Kampung Melayu turut mengawal jalannya pemeriksaan.

Tes kesehatan itu meliputi pemeriksaan suhu tubuh. Jika terdapat TKA yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat celcius maka akan mendapatkan tindakan medis lebih lanjut.

"Pemeriksaan ini dilakukan dalam rangka mewaspadai virus COVID-19, terutama pada tenaga kerja asing," ujar kepala Dinkes Kota Bengkulu, Susilawaty, Sabtu (4/4/2020).

Menurut Susilawaty, semua perusahaan yang memiliki tenaga kerja asing akan diperiksa kesehatannya guna menangkal penyebaran virus Corona masuk ke Kota Bengkulu.

"Selain dicek kesehatannya, TKA ini juga di-interview apakah mereka pernah berpergian ke luar negeri atau tidak, sehingga mudah didata dan ditangani," ujar Susilawaty.

Susilawaty mengatakan semua TKA yang diperiksa dipastikan telah menetap di Kota Bengkulu selama 1 tahun dan tidak ada riwayat perjalanan ke daerah yang terjangkit.

Setelah dilakukan pemeriksaan, seluruh tenaga kerja asing di PLTU dinyatakan aman. Tidak ada satupun pekerja yang memiliki gejala virus COVID-19 .

(isa/isa)