Sepekan Diterapkan, Pemprov Aceh Resmi Cabut Jam Malam

Agus Setyadi - detikNews
Sabtu, 04 Apr 2020 21:52 WIB
Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah (Dok Pemprov Aceh)
Foto: Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah (Dok Pemprov Aceh)
Banda Aceh -

Pemerintah Aceh resmi mencabut pemberlakuan jam malam usai seminggu diterapkan. Masyarakat tetap diminta menjaga jarak untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

Pencabutan pemberlakuan jam malam dilakukan setelah Forkopimda Aceh mengeluarkan maklumat baru pada Sabtu (4/4/2020). Maklumat berisi 'pencabutan penerapan jam malam dan percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019' itu memuat lima poin.

Maklumat diteken Wali Nanggroe Aceh, Malik Mahmud Al Haytar, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Ketua DPR Aceh Dahlan Jamaluddin, Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko, dan Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh, Irdam.

"Mencabut maklumat Bersama Forkopimda Aceh tentang Penerapan Jam Malam Dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Aceh tanggal 29 Maret 2020," isi poin pertama maklumat tersebut.

Plt Gubernur Nova, mengatakan, meski penerapan jam malam telah dicabut, namun masyarakat diimbau untuk tetap mendukung upaya pemerintah dalam upaya menekan penyebaran COVID-19 di Aceh. Di antaranya yaitu tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta menjaga jarak antar sesama atau physical distancing.

"Sesuai dengan poin ketiga dari maklumat ini, saya mengimbau masyarakat untuk terus mendukung upaya pemerintah dalam menekan penyebaran COVID-19, yaitu tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat, kurangi aktifitas fisik di luar rumah, tetap bekerja, belajar, dan ber ibadah di rumah, serta menghindari pusat keramaian, fasilitas umum, termasuk aktifitas keagamaan yang melibatkan orang banyak," kata Nova dalam keterangannya.