One Day One Hadits

Hadits Pendek: Tentang Amalan yang Membawa ke Surga, Menjauhkan Neraka

Tim Hikmah detikcom - detikNews
Minggu, 05 Apr 2020 05:45 WIB
Hadits pendek amalan yang disukai Allah SWT
Hadits pendek tentang amalan yang bisa membawa ke surga dan menjauhkan dari api neraka (Foto: Andhika A/detikcom)
Jakarta -

Pada suatu ketika, ada seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW tentang amalan yang bisa membawa manusia ke surga dan menjauhkannya dari neraka. Dialog itu kemudian dituliskan dalam hadits pendek berikut ini:

One Day One Hadits amalan yang bisa membawa ke surgaOne Day One Hadits amalan yang bisa membawa ke surga Foto: Ahmad Fauzan Kamil/detikcom

Dari Abu Ayyub Khalid bin Zaid al-Anshari RA, bahwasanya ada seseorang yang berkata: "Ya Rasulullah, beritahukan kepadaku amalan yang dapat memasukkan ku ke Surga serta menjauhkan diriku dari Neraka" Maka Nabi Muhammad SAW bersabda: "Hendaklah engkau beribadah kepada Allah dan janganlah menyekutukan-NYA dengan sesuatu apa pun, mendirikan sholat, menunaikan zakat, dan menyambung silaturahim."

Hadits pendek ini diriwayatkan oleh al-Bukhari di buku III nomor 261 dan hadits riwayat muslim nomor 13. Dikutip dari Syarah Riyadhus Sholihin jilid 2, kandungan hadits ini adalah Tauhid kepada Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat dan menyambung tali silaturahim. Amalan-amalan itulah yang akan membawa manusia ke surga dan jauh dari api neraka.

(erd/erd)