Kasus Corona Tembus Sejuta, Pandemi di Dunia Belum Juga Reda

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 04 Apr 2020 09:40 WIB
Positive blood test result for the new rapidly spreading Coronavirus, originating in Wuhan, China
Foto: Ilustrasi Corona (iStock)
Jakarta -

Angka kasus infeksi virus Corona (COVID-19) di dunia telah menembus angka satu juta lebih. Penyakit yang tetapkan WHO sebagai pandemi ini belum juga mereda.

Seperti diketahui,Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 11 Maret resmi menyatakan virus corona baru atau COVID-19 sebagai pandemi, merujuk lebih dari 118 ribu kasus infeksi di lebih dari 110 negara dan wilayah di seluruh dunia dengan risiko penyebaran global lebih luas.

"Ini bukan hanya krisis kesehatan masyarakat, ini adalah krisis yang akan menyentuh setiap sektor," kata Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO, pada konferensi pers, dikutip dari Time.


Klasifikasi pandemi dikeluarkan saat kasus penularan penyakit lebih besar dari yang diperkirakan dan telah menginfeksi banyak orang di seluruh dunia serta mempengaruhi berbagai aspek, bukan hanya dari segi kesehatan. Penyakit yang juga pernah dinyatakan sebagai pandemi adalah H1N1, tuberkulosis, dan HIV.

Terhitung, sudah dua pekan lebih pandemi ini menginfeksi sejumlah negara. Bahkan, penyakit yang mulanya muncul di Wuhan, China ini kini telah menjangkiti satu juta orang lebih di dunia. Jumlah angka kematian juga melonjak tajam.

Menurut penghitungan AFP, Jumat (3/4/2020), hingga Kamis (2/4) waktu setempat, setidaknya 1.000.036 kasus telah dilaporkan di seluruh dunia dengan 51.178 kematian.


Jumlah kematian pasien telah meningkat dua kali lipat sejak 27 Maret lalu. Hingga kini, setidaknya 186 ribu orang di dunia telah dinyatakan sembuh dari penyakit mematikan ini.

WHO: Masker Tidak Selalu Melindungi Anda: