Round-Up

Ma'ruf Dorong MUI Terbitkan Fatwa, Kali ini Mudik Haram Cegah Corona

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 04 Apr 2020 05:57 WIB
Maruf Amin
Foto: Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin kembali mendorong Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mengeluarkan fatwa terkait pandemi virus Corona (COVID-19). Kali ini Ma'ruf meminta MUI untuk membuat fatwa tentang haram mudik saat Corona.

Pernyataan itu disampaikan Ma'ruf dalam video conference dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Wakil Presiden, Jumat (3/4/2020). Ma'ruf mengatakan pemerintah sedang mencari strategi memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

"Saya ingin terus memperoleh gambaran ya, strategi edukasi yang kelihatannya ini masih, mengatasi pencegahan, menghambat gerakan penyebaran ini. Ini barangkali menjadi tantangan besar, dan kita harus mencari strategi yang tepat," kata Ma'ruf.

Karena itu, Ma'ruf menuturkan berkomunikasi dengan gubernur-gubernur untuk mencari strategi.

"Makanya saya nyari dari gubernur-gubernur, mana yang paling efektif melakukan pencegahan-pencegahan. Kalau tidak, ya itu tadi kita khawatirkan kemudian penyebarannya makin masif," ujarnya.

Ridwan Kamil lalu menimpali. Menurutnya, mudik harus dikendalikan untuk mencegah penyebaran virus.

"Kalau mudik itu bisa kita kendalikan, Pak. Itu saya bisa yakinkan, Bapak, di daerah insyaallah bisa aman terkendali secara terukur, Pak. Tapi kalau sudah masuk, faktor mudik itu saja, Pak, yang agak bikin waswas kami di daerah. Mudah-mudahan bisa jadi perhatian luar biasa," kata Ridwan Kamil.

Lalu Ma'ruf mengaku sudah mendorong MUI untuk mengeluarkan fatwa. "Kalau kita juga sudah dorong MUI untuk menyatakan bahwa pada saat sekarang ini mudik itu haram hukumnya itu," ujar Ma'ruf.

Tanggapi Keluhan Ridwan Kamil, Ma'ruf Amin Dorong Fatwa Haram Mudik:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3