RK ke Ma'ruf Amin: Kalau Sudah Masuk Faktor Mudik Kami Waswas

Dwi Andayani - detikNews
Jumat, 03 Apr 2020 16:04 WIB
Ridwan Kamil
Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) memastikan penyebaran virus Corona di daerah bisa terkendali bila imbauan tidak mudik bisa dijalankan. Hal ini disampaikan RK dalam teleconference dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Jika mudik itu bisa dikendalikan, saya bisa yakinkan Bapak di daerah bisa aman terkendali secara terukur," ujar RK, Jumat (3/4/2020).



RK mengatakan pemerintah daerah mulai waswas bila mudik mulai terjadi. Karena itu, RK meminta masalah mudik menjadi perhatian serius oleh pemerintah pusat.

"Tetapi kalau udah masuk faktor mudik itu saja yang bikin kami waswas di daerah, mudah-mudahan bisa menjadi perhatian," kata RK.

RK menyebut pihaknya juga tengah mengkampanyekan agar milenial tidak mudik. Hal ini dilakukan dengan memberikan informasi terkait insentif pemerintah terhadap penggantian hari libur mudik.



"Saya sedang kampanyekan sekarang milenial jangan pulang, jika sayang orang tua dan kakek-nenekmu jangan pulang, tetaplah tinggal di Jakarta," kata RK.

"Karena akan ada insentif dua. Satu, libur mudik diganti di bulan lain, dan penghasilan akan dibantu. Kalau KTP DKI oleh Pak Anies, kalau perantau tidak ber-KTP DKI oleh Pak Jokowi oleh pemerintah pusat," sambungnya.

(dwia/zlf)