Cegah Virus Corona, DMI Kirim Ribuan Botol Karbol ke Masjid-masjid

Tim Hikmah detikcom - detikNews
Jumat, 03 Apr 2020 12:59 WIB
DMI sebar ribuan botol karbol
DMI menyebar ribuan botol karbol ke masjid-masjid untuk mencegah virus corona (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) hari ini menyerahkan 2 kontainer berisi 25.000 botol karbol ke Pengurus Daerah DMI Jakarta. Selanjutnya karbol itu akan disalurkan ke seluruh masjid di Ibu Kota.

Selain di DKI, PP DMI juga mengirimkan 25.000 botol karbol ke Banten, 50.000 botol ke Jawa Barat, 50.000 botol ke Jawa Tengah dan 100.000 botol ke Jawa Timur. Ketua Pemuda Dewan Masjid Indonesia , Arief Rosyid mengatakan, distribusi karbol ini sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19 di tempat ibadah.

"Ikhtiar ini dilakukan sebagai lanjutan dari penyemprotan oleh relawan pemuda di masjid-masjid, mencegah penyebaran dari rumah ibadah seperti yang terjadi di Iran dan Korea Selatan," kata Arief dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/4/2020).

Arief yang juga Wakil Ketua Tim Satgas Pencegahan Corona DMI ini berharap warga dan umat Islam untuk lebih waspada terhadap penyebaran virus Corona atau COVID-19. Warga dan pemuda masjid khususnya harus menjadikan pandemi corona sebagai momentum bersama untuk menjaga dan meningkatkan kebersihan.

"Harapannya warga dan umat Islam pada khususnya bisa belajar untuk lebih waspada terhadap penyebaran virus Corona ini, karena musuh tidak terlihat. Penyebaran yang masif dari rumah ibadah juga terjadi di Korea dan Iran, agar Indonesia tidak mengalami hal yang sama jadi umat Islam harus memperhatikan kebersihan diri, lingkungan,dan masjid," kata Arief.

"Hadis kebersihan sebagian dari iman itu harus ditegakkan, ini momentumnya. Umat Islam harus bersih dan sehat, masjid sebagai etalasenya harus benar-benar memperhatikan ini," tambahnya.

Sejak ditemukan pertama kali masuk ke Indonesia pada 2 Maret 2020, penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Tanah Air kian masif. Data hingga, Kamis 2 April 2020 tercatat sudah ada 1.790 kasus positif virus corona, 170 di antaranya meninggal dunia.

Tangkal Corona, Warga Mamasa Gelar Ritual Ma'rompo Bamba:

(erd/nwy)