RS Darurat Pulau Galang Dilengkapi Helipad untuk Emergency

Dwi Andayani - detikNews
Jumat, 03 Apr 2020 11:07 WIB
Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono. (Antara Foto/Syaiful Hakim)
Foto: Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono. (Antara Foto/Syaiful Hakim)
Jakarta -

Pemerintah menyiapkan helipad di Pulau Galang yang merupakan tempat perawatan bagi pasien Corona. Helipad ini disebut disiapkan sebagai akses emergency karena jauh dari permukiman.

"Di sana sudah dibangun juga helipad untuk emergency, dan juga daerah tersebut jauh dari pemukiman," ujar Panglima Komandan Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono, dalam konferensi persnya di BNPB, Jumat (3/4/2020).



Selain evakuasi dengan menggunakan heli, pemerintah juga menyiapkan dermaga. Keduanya disebut untuk mendukung kesiapan rumah sakit di Pulau Galang.

"Rumah sakit darurat Galang ini juga bisa dilaksanakan evakuasi melalui heli, maupun dari kapal karena di situ ada dermaga yang mendukung. Bisa untuk mendukung kesiapan rumah sakit tersebut," tuturnya.

Meski begitu, Yudo menyebut akses menuju Pulau Galang juga dapat dilakukan melalui darat dari Batam. Rumah Sakit ini nantinya dapat menampung pasien dengan kategori ringan dan sedang, namun diutamakan bagi pasien dari luar negeri.



"Ini dari Batam juga jaraknya tidak jauh, cukup 30 menit perjalanan darat dan juga bisa digunakan. Atau pun menggunakan heli apabila ada emergency," kata Yudo.

"Di sana untuk pasien-pasien yang kategori ringan sampai dengan sedang, dan juga ini dikhususkan untuk pasien-pasien dari yang dari luar negeri yaitu dari migran, diutamakan," sambungnya.

Kesiapan RS Darurat Corona di Pulau Galang Capai 96%:

(dwia/dhn)